Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 18-12-2019
  • 638 Kali

Tanaman Hidroponik Kangkung Bisa Panen Sebulan Dua Kali

Media Center, Rabu ( 18/12 ) Budi daya tanaman hidroponik rupanya sangat bermanfaat dan dapat menghasilkan pundi-pundi uang jika tekun menjalaninya. Seperti halnya yang saat ini dilakukan oleh warga Kelurahan Bangselok Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep.

Budi daya menanam hidroponik memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Sebab, kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit dari pada kebutuhan air pada budi daya dengan tanah.

Menurut salah seorang warga RT.01/RW.03 Kelurahan Bangselok, Eko Imam, bahwa membudidaya tanaman hidroponik sangatlah mudah dan bisa dilakukan di rumah-rumah tangga yang tidak memerlukan lahan luas. Cukup di sekitar pekarangan rumah atau samping rumah sudah bisa budi daya aneka tanaman seperti sayur dan buah-buahan.

"Seperti halnya yang dilakukan oleh tiga warga RT yang dihuninya fokus pada tanaman hidroponik kangkung, total sebanyak 668 titik tanaman yang bisa panen dua kali sebulan," ungkap Eko, saat dikunjungi Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, pada Panen Akbar Tanaman Hidroponik di Kelurahan Bangselok, Rabu (18/12/2019).

Diakui Eko, jika hasil tanaman hidroponik yang sudah dilakukan warga tersebut untuk memasarkannya sangat mudah. Karena selain dibeli warga terdekat juga banyak pedagang yang kulakan, biasanya untuk tambahan makanan burung love bird dan semacamnya.

"Kami berharap budi daya tanaman hidroponik ini bisa terus dikembangkan oleh warga yang lain, khususnya di wilayah perkotaan agar lebih memberikan manfaat bagi banyak orang, karena selain menghemat pengeluaran juga bisa menambah penghasilan keluarga," tambahnya. ( Ren, Fer )