Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 06-01-2020
  • 614 Kali

Wabup : Pramuka Sebagai Wadah Pembentukan Karakter Generasi Emas

Media Center, Senin ( 06/01 ) Seluruh elemen gerakan Pramuka di Kabupaten Sumenep wajib meningkatkan komitmen, guna menyukseskan gerakan Pramuka, karena majunya organisasi atau gerakan kepanduan ini bergantung dari pengurus itu sendiri.

“Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan pembentukan karakter harus lebih baik untuk mencetak generasi muda yang berkualitas di masa mendatang,” kata Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH pada Pembukaan Scout Competition Camp (SCC) se-Madura tahun 2020, di Bukit Bandar Desa Pakamban Daya, Kecamatan Pragaan, Senin (06/01/2020).

Ia menyatakan, selama ini gerakan Pramuka terbukti berkontribusi besar terhadap kemajuan bangsa, di antaranya melalui peningkatan SDM generasi bangsa yang lahirkan tokoh-tokoh besar dari berbagai kalangan sebagai pemimpin sesuai masing-masing profesinya.

“Seluruh pembina Pramuka dari tingkat Gugus Depan (Gudep) hingga Kwartir Cabang (Kwarcab), terus tingkatkan pembinaan dan menghidupan gugus depan sebagai pilar utama gerakan Pramuka,” tutur Wabup Achmad Fauzi.

Di era globalisasi saat ini, keberadaan gerakan Pramuka bukan hanya membangun manusia atau kaum muda menguasai ilmu pengetahuan, namun membentuk generasi bangsa yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, serta menjunjung kesatuan dan persatuan Indonesia.

“Jadi tugas kita bersama melalui gerakan Pramuka ini sebagai sarana pembentukan karakter bangsa yang unggul, berdaya saing dan bermoral,” papar Wabup sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sumenep ini.

Wakil Bupati Achmad Fauzi menandai pembukaan Scout Competition Camp (SCC) se-Madura tahun 2020 dengan melepas burung merpati.

Wabup mengajak anggota Pramuka agar belajar secara tekun, karena maju dan tidaknya seseorang itu, ditentukan oleh kualitasnya, sehingga teruslah mencintai Pramuka untuk membentuk pribadi yang berkarakter dan bermoral.

Atas nama Pemerintah Daerah sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sumenep, saya menyampaikan terima kasih kepada Lembaga Pendidikan Bustanul Ulum yang telah menyelenggarakan acara ini.

“Terima kasih pula kepada segenap peserta Scout Competition Camp, baik yang dari Kabupaten Sumenep, maupun dari luar daerah,” pungkasnya. ( Yasik, Fer )