Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-10-2021
  • 131 Kali

Antisipasi Bencana Alam, Dandim Hadiri Apel Gelar Pasukan Tahun 2021 di Polres Sumenep

Media Center, Senin (25/10) Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Sumenep, TNI-Polri, DPRD, BPBD, SAR dan instansi terkait mengikuti Apel Gelar Pasukan dalam rangka Antisipasi Bencana Alam tahun 2021, di Mapolres Sumenep, Senin (25/10/2021) 

Apel dipimpin langsung oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi, S.H., M.H. di lapangan Apel Sanika Satyawada Polres setempat.

Dalam sambutanya, Bupati Sumenep Achmad Fauzi, S.H.,M.H. mengatakan untuk selalu meningkatkan sinergitas antar stakeholder baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dalam rangka upaya pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

"Diharapkan para kepala daerah segera menyusun rencana kontijensi yang disesuaikan dengan tata kelola kedaruratan protokol kesehatan, termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan yang dapat betul-betul dilaksanakan semua pihak, dan harus siap menangani bencana secara tuntas," ujarnya.

Lebih lanjut Fauzi menuturkan agar masing-masing satuan tugas menyiapkan mental dan fisik yang prima, serta dilandasi komitmen moral yang tinggi.

"Hindari ego sektoral dalam penanganan bencana alam. Laksanakan pendekatan secara preventif kepada masyarakat terkait peran serta mereka dalam menghadapi bencana alam," tuturnya.

Pada kesempatan itu juga, Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Nur Cholis, A. Md meminta petugas yang terlibat agar melaksanakan pelatihan secara intens dan terpadu terhadap personil yang akan ditugaskan, sehingga mereka siap dalam menjalankan tugas. 

"Saya minta untuk petugas yang terlibat, laksanakan latihan, juga pengecekan secara intens dan berkala terhadap seluruh peralatan SAR yang dimiliki oleh masing-masing instansi. Agar peralatan tersebut siap pakai pada saat dibutuhkan dalam penanggulangan bencana alam," pesannya.

(Miko, Han)