Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 09-08-2023
  • 872 Kali

Atasi Krisis Air Bersih, Dinas PUTR Programkan Perluasan dan Pembangunan Baru SPAM Jaringan Perpipaan di 13 Titik

Media Center, Rabu ( 09/08 ) Untuk mengatasi daerah rawan air bersih, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) melakukan program perluasan dan pembangunan baru SPAM jaringan perpipaan di 13 titik di daratan dan kepulauan.

Anggaran program tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik 2023. Dengan alokasi anggaran senilai Rp5,3 miliar lebih.

"Program fisik itu terdapat 13 paket yang tersebar di kecamatan daratan dan kepulauan. Untuk perluasan SPAM jaringan perpipaan sebesar Rp2,7 miliar lebih dan pembangunan baru Rp2,5 miliar lebih. Jadi, totalnya sekitar Rp5,3 miliar lebih," kata Kepala Dinas PUTR Ir. Ery Susanto, M.Si,  melalui Kepala Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Kabupaten Sumenep, Dedi Falahuddin, ST, MT.

Saat ini, lanjut Dedi, program tersebut sudah memasuki survey lokasi bersama pelaksana, karena proses tender sudah rampung.

"Tinggal pelaksanaannya saja. Setelah mengecek lokasi baik di daratan maupun kepulauan, maka pelaksana akan langsung bekerja," tuturnya, Rabu (09/08/2023).

Dedi memaparkan, program perluasan dan pembangunan baru Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) jaringan perpipaan itu, dikhususkan di daerah yang rawan atau kekurangan air bersih utamanya di musim kemarau.

"Kami harapkan dengan adanya program ini, nantinya dapat mengatasi daerah rawan atau kritis air bersih," harapnya.

Dedi mengungkapkan, pelaksanaan program fisik tersebut ditargetkan selesai awal Desember 2023.

Adapun sebaran program perluasan SPAM jaringan perpipaan berada di 8 kecamatan, meliputi Desa Pancor Kecamatan Gayam; Desa/Kecamatan Guluk-guluk; Desa Kalowang Kecamatan Gayam; Desa Karangnangka Kecamatan Raas; Desa Batang-batang Daya Kecamatan Batang-batang; Desa Pragaan Daya Kecamatan Pragaan; Desa Gadding Kecamatan Manding; Desa Basoka Kecamatan Rubaru.

Sedangkan pembangunan baru SPAM di 5 kecamatan, yakni Desa Sokarame Paseser Kecamatan Nonggunong; Desa Rajun Kecamatan Pasongsongan; Desa Giring Kecamatan Manding; Desa Bilis-bilis Kecamatan Arjasa; Desa Masalima Kecamatan Masalembu. ( Nita, Fer )