Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 20-05-2024
  • 449 Kali

Awal Musim Kemarau, Koordinator Penyuluh Pertanian Imbau Petani Cari Sumber Air Pertanian

Media Center, Senin ( 20/05 ) Sebagai upaya menghadapi musim kemarau, Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Pragaan Nur Hasan meminta warga petani untuk selalu mencari sumber mata air bidang pertanian agar dapat mengairi lahan pertaniannya.

Ia mengatakan, bahwa Mei 2024 sebagai awal musim kemarau, untuk itu diimbau kepada para petani yang kurang air segera mencari sumber mata air. 

"Yang tidak ada air, sebaiknya mencari solusi lain, karena cuaca saat ini ekstrem dampak elnino dan lain-lain," ucapnya pada Apel Pagi, di Halaman Kantor Kecamatan Pragaan, Senin (20/05/2024).

Menurut Nur Hasan, El-Nino adalah sebuah fenomena cuaca yang terjadi akibat peningkatan suhu permukaan air di Samudra Pasifik Tengah dan Timur yang menjadi lebih hangat dari biasanya.

"Fenomena alami ini menyebabkan perubahan pola cuaca global, yang berdampak signifikan pada iklim di berbagai wilayah di dunia, termasuk di Indonesia," jelasnya.

Hasan menyebutkan, bahwa solusi informasi bidang pertanian ke depan akan diinformasikan melalui 7 (tujuh) penyuluh yang ada di Kecamatan Pragaan untuk cuaca ekstrem tersebut.

Dosen Universitas Annuqayah ini menyatakan, bahwa warga petani yang masuk kelompok tani di Kecamatan Pragaan masih 60 persen.

"40 persen belum masuk, sehingga bisa tidak menerima pupuk. Maka kami harapkan bergabung ke kelompok tani terdekat. Berikan KTP-nya untuk mendapatkan pupuk," pungkasnya. ( KIM-Pragaan/Ismi,Fer )