Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 05-07-2022
  • 894 Kali

Babinsa Koramil Lenteng Bersama Petugas Cek Kesehatan Hewan

Media Center Selasa ( 05/07 ) Guna memantau dan mengantisipasi penularan Penyakit Mulut dan Kaki (PMK), Sertu M. Huda beserta petugas kesehatan hewan melaksanakan pengecekan kesehatan hewan ternak sapi, di Dusun Jalak Desa Daramista Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep, Selasa (05/07/2022).

Komandan Koramil 0827/05 Lenteng Kapten Arh Catur Heri Wibowo mengatakan, pemeriksaan hewan yang dilakukan anggotanya bersama petugas kesehatan hewan ini dilakukan untuk mengetahui kesehatan hewan ternak warga, termasuk sebagai langkah pengawasan penyakit mulut dan kuku pada hewan.

"Pengawasan terhadap PMK jika ada yang menyerang hewan ternak seperti sapi, kambing dan domba, kita kerahkan para Babinsa di wilayah untuk turun langsung memantau kesehatan sapi di sejumlah peternakan yang ada," terangnya.

Dikatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk mencegah virus PMK dengan melihat langsung hewan peternak yang kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit virus PMK. Sehingga segera dilakukan langkah-langkah oleh petugas berwenang.

Karena itu, pihaknya mengimbau warga maupun peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya, serta mengantisipasi datangnya hewan ternak sapi, kambing dan kerbau dari wilayah lain.

Bahkan, warga diimbau untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh  (lesi pada lidah).

“Untuk sementara dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari Babinsa serta petugas terkait lainnya, untuk hewan ternak sapi semuanya dalam kondisi sehat belum ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK,” terangnya.

Sementara petugas kesehatan hewan, Hamdi mengatakan, jika penyakit PMK ini ditandai dengan adanya pembentukan vesikel atau melempuh di mulut, lidah, gusi, luka pada kulit sekitar kuku, bahkan kuku bisa terlepas.

"Keadaan tersebut tentunya akan membuat hewan ternak pincang dan tidak mau makan serta lebih sering berbaring,” jelasnya. ( Dim/Ren,Fer )