Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 30-01-2023
  • 423 Kali

Babinsa Rubaru Belajar Membatik di Sentra Batik Sumenep

Media Center, Senin (30/01) Babinsa Koramil 0827/13 Rubaru Serda Hainur Rahman melakukan anjangsana ke home industri batik khas Sumenep, Senin (30/01/2023).

Home industri usaha batik tersebut milik Darto di Desa Mandala, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep.

Selaku aparatur kewilayahan, Babinsa Hainur terlihat turut belajar sekaligus membantu membatik. Upaya tersebut tentu saja bertujuan mempercepat proses pengerjaan pembatik. Produksi batik milik Darto tersebut sudah berjalan selama 6 tahun atau sejak 2017 silam.

"Suguhan karya batik tulis khas Sumenep dari Rubaru ini sukses pemasarannya di lokal Madura, luar Madura hingga keluar negeri. Kita ingin batik ini tetap lestari dan perlu keberlanjutan," ujar Hainur.

Hainur mengapresiasi pemilik usaha batik tersebut, pasalnya meskipun dibilang home industri, namun omsetnya mencapai Rp 60 juta dalam sebulan.

"Ini meruapakan suatu kebanggaan. Bahkan pada saat pameran di Jakarta tahun 2018, mendapatkan apresiasi dari Wakil Presiden Jusuf Kalla," ungkap Babinsa Serda Hainur.

Sementara pemilik usaha batik Darto mengaku senang dengan kehadiran babinsa ke rumahnya, dalam hal tersebut bantu membatik langsung bersama karyawan yang lainnya.

"Babinsa jadi contoh di desa ini, membaur dengan masyarakat. Saat ini lagi bantu kami membatik, kami berharap kehadiran babinsa disini menjadi contoh kepada masyarakat," ujarnya.

(Dim, Miko, Han)