Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 14-08-2023
  • 527 Kali

Banyak Lahan Menganggur, Desa Patean Siapkan 10 Hektar Untuk Tanam Jagung

Media Center, Senin (14/08) Pihak Kodim 0827/Sumenep terus memperluas kemitraannya dengan petani dan kades di wilayah Sumenep untuk memperkuat ketahanan pangan pada komoditi jagung untuk silase.

Seperti Senin (14/08/2023) di Desa Patean, Kecamatan Batuan, Dandim 0827/Sumenep, Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi yang didampingi Kasdim Mayor Cba Ari Pamungkas meninjau penanaman jagung di lahan milik Kades Patean Mohammad Nurullah seluas 2,5 Ha.

Penanaman jagung dilakukan para Babinsa bersama petani binaan sejak pukul 07.15 WIB. Bibit jagung yang ditanam menggunakan jenis pertiwi 6.

"Saya sampaikan terima kasih kepada Kades dan petani Desa Patean karena dalam konteks ketahanan pangan mereka cukup serius. Lahan-lahan yang saat ini menganggur sekarang ditanami jagung untuk silase," kata Donny Pramudya Mahardi.

Ia menuturkan penanaman ini dilakukan untuk pemanfaatan lahan yang dianggap menganggur selama musim kemarau.

"Kita terus menjalin komunikasi melalui Babinsa untuk mengajak petani, bahkan saat ini Kades menyiapkan lahannya untuk ditanami jagung, karena kalau musim hujan disini ini kurang cocok biasanya ditanami padi," ujarnya.

Mengenai irigasi air, lahan di Desa Patean di musim kemarau masih tergolong susah. Pasalnya saat musim kemarau tiba sungai untuk irigasi mengering.

"Sementara sawah di sini masih ada air meskipun sedikit, cuma cukup jauh untuk mengairinya, di tempat lain kita masih tahap percobaan pakai sprinkler atau tetes. Masalah air ini harus ada teknik irigasi khusus. Kita rencanakan mau coba divsini pakai tetes biar nanti hasilnya maksimal," pungkas Letkol Donny.

Sementara Kades Patean Mohammad Nurullah mengatakan bahwa pihaknya mendukung wilayahnya ditanami jagung silase.

"Kami siap mendukung seratus persen untuk menyukseskan program ketahanan pangan Kodim, untuk saat ini kita tanam seluas 2,5 hektar, In sya Allah selanjutnya kita siap tanam 10 hektar," tandasnya.

Senada dengan Kades, Babinsa Koramil 0827/01 Kota Sertu Moh. Sakir juga mendukung program ketahanan pangan tanam jagung silase yang digagas oleh Kodim 0827/Sumenep.

"Masyarakat kami sangat antusias dengan adanya program ini, kami akan terus menyosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk tanam jagung silase," ujarnya.

(Dim, Han)