Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 28-09-2016
  • 400 Kali

Bapeten Pastikan Benda Misterius Yang Jatuh, Bebas Radiasi Nuklir

News Room, Kamis ( 29/09 ) Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) Republik Indonesia memastikan benda-benda misterius yang jatuh dari udara di perairan Kecamatan Giligenting (Pulau Giliraja) Sumenep, Madura, Jawa Timur, berupa tiga benda mirip drum terbungkus plastik hitam dan satu benda mirip radiator yang hangus terbakar, bebas radiasi Nuklir dan tidak mengandung zat yang membahayakan.

“Kami sudah mengidentifikasi dan meneliti terhadap benda-benda misterius, dengan beberapa alat ukur berbeda-beda, hasilnya tidak ada paparan radiasi nuklir di objek yang jatuh itu,” kata Kasubdit Kesiap Siagaan Bapeten RI, Muhamad Ridwan, Kamis (29/9/2016).

Ia menuturkan, proses pengukuran dan identifikasi itu dilakukan di lima objek tempat jatuhnya benda misterius di Pulau Giliraja.

“Ternyata tidak ada bahan yang berbahaya serta serpihan kecil yang sudah diamankan tidak mengandung radiasi Nuklir,” terangnya.

Sebelumnya, pada Senin (26/09) kemarin, warga menemukan sejumlah benda misterius yang jatuh dari udara di beberapa lokasi di perairan Kecamatan Giligenting. benda itu awalnya diduga serpihan pesawat yang jatuh. ( Nita, Esha )