Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 05-02-2022
  • 832 Kali

Buka Akses Jalan Baru, Warga Desa Prenduan Gotong Royong

Media Center, Sabtu ( 05/02 ) Pemerintah Desa (Pemdes) Prenduan, Kecamatan Pragaan bergotong royong membuat akses jalan baru yang menghubungkan kedua dusun dan jalan-jalan lainnya.

Kegiatan tersebut dikawal langsung oleh Kepala Desa (Kades) Prenduan, Eko Wahyudi. Menurutnya, akses jalan baru tersebut dapat memotong jarak tempuh dan mengurangi biaya perjalanan maupun biaya produksi pertanian dan profesi lainnya.

“Selama ini warga harus menempuh jarak yang cukup jauh dan memutar untuk menjual hasil panen maupun keperluan sosial lainnya. Tentu biayanya makin besar, dan alhamdulillah hari ini warga punya kesadaran sendiri untuk membuka jalan baru,” tutur Kades Prenduan di sela-sela gotong royong berlangsung, Sabtu (05/02/2022).

“Dengan dibukanya jalan baru, dapat menambah geliat ekonomi masyarakat. Tadinya belum ada transportasi kini sudah dapat dilalui, sehingga bisa memperbaiki ekonomi masyarakat setempat,” imbuhnya.

Selain itu masyarakat juga bisa membuka wilayah pemukiman baru, karena biasanya kalau sudah ada jalan, masyarakat berebut untuk membuat pemukiman di kanan kiri jalan.

“Secara otomatis akses jalan baru akan menaikkan harga tanah masyarakat ke depannya, karena tanahnya menjadi strategis,” ungkapnya.

Eko mengatakan, hal ini memang menjadi beban mental juga bagi Pemerintah Desa agar jalan baru yang masih berupa jalan tanah segera ditingkatkan ke jalan makadam dan aspal.

“Tak apa-apa memang tugas Pemdes menampung aspirasi warga termasuk urusan infrastruktur. Harus segara dicarikan solusi,” pungkasnya. ( KIM-KMAP/Ismi,Fer )