Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 30-01-2023
  • 637 Kali

Bupati dan Dandim 0827/Sumenep Panen Perdana Silase Jagung

Media Center, Senin ( 30/01 ) Bupati Ra Achmad Fauzi bersama Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E., dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sukses panen perdana jagung silase. 

Panen perdana digelar di lahan binaan Kodim 0827/Sumenep dengan luas 1 hektar, di Dusun Samodung Utara RT 01/RW 10, Desa Lenteng Timur, Kecamatan Lenteng, Senin (30/01/2023). 

Bupati mengatakan, Kodim 0827/Sumenep membantu masyarakat dalam penguatan ekonomi di daerah, sebagai wujud mengembalikan masa kejayaan bagi negeri melalui program ketahanan pangan. 

"Panen perdana ini adalah bukti yang diprogramkan Dandim 0827/Sumenep beberapa bulan yang lalu, tentang transformasi peningkatan SDM melalui silase jagung, semoga niat baik ini, menjadikan hasil lebih baik," kata Bupati di sela-sela kegiatannya. 

Melalui penanaman jagung silase diharapkan mendorong dan merubah mindset petani dalam pola tanam, perawatan dan panen, sehingga berefek positif untuk menaikkan taraf perekonomian masyarakat.

“Dandim 0827/Sumenep melakukan program ini merupakan salah satu upaya, untuk meningkatkan produktivitas sekaligus pendapatan petani,” terang Bupati.

Sementara Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E., mengungkapkan, panen perdana merupakan kehormatan yang diberikan kepada Forkopimda, karena suatu langkah besar untuk ketahanan pangan.  

"Saat ini, kami berhasil menanam jagung 5 hektar per minggu dalam rangka mengembalikan masa kejayaan jagung," ungkapnya.

Yang jelas, pihaknya ingin membangun ketahanan pangan jagung, salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan perekonomian, demi kesejahteraan petani di Kabupaten Sumenep.

"Panen perdana jagung silase merupakan dinamo stater, yang dimulai dari Kabupaten Sumenep sebagai percontohan untuk wilayah lain," jelasnya. 

Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi mengungkapkan, panen jagung dilakukan setiap hari, dan pada hari pertama panen perdana dilaksanakan di lahan seluas 1 hektar, selanjutnya seminggu kemudian panen di lahan 5 hektar. 

"Ini panen pertama tapi berputar terus, jadi setiap hari kami panen, karena untuk menyuplai pabrik," pungkasnya. 

Usai melaksanakan panen perdana Bupati, Dandim 0827/Sumenep bersama Forkopimda meninjau pabrik silase di Desa Kertasada, Kecamatan Kalianget, untuk melihat langsung cara kerja mesin hingga pengolahan silase jagung menjadi pakan ternak. ( Yasik, Fer )