Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 04-08-2023
  • 1438 Kali

Bupati Sumenep : Festival Cipta Lagu Musik Tong-tong Untuk Rangsang Kreativitas

Media Center, Jumat ( 04/08 ) Festival cipta lagu musik tong-tong sebagai media, untuk menunjukkan bakat dan talenta musisi musik tradisional, yang syarat dengan nilai-nilai kearifan lokal.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, festival ini mampu membangkitkan dan mendorong musisi atau kelompok musik tong-tong, untuk berkreasi dan berinovasi dalam menciptakan karya.

“Kegiatannya untuk menunjukkan bakat dan talenta para musisi musik tradisional dalam menciptakan karya yang syarat dengan nilai-nilai kekhasan dan kearifan lokal,” kata Bupati di sela-sela pembukaan festival, di lapangan Gotong Royong (LKS), Jumat (04/08/2023).

Bahkan, festival cipta lagu musik tradisional tong-tong menjadi sarana mempromosikan potensi Kabupaten Sumenep, mengingat setiap peserta wajib membawakan ciptaannya sendiri dengan lirik lagu berbahasa Madura dan tema mengangkat tentang wisata, seni budaya dan kuliner. 

“Yang jelas, acara ini bagian mempromosikan potensi pariwisata, seni budaya dan kuliner dalam bentuk musik dan lagu yang bernuansa tradisional maupun kontemporer,” terang Bupati.

Bupati mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung pelaksanaan cipta lagu musik tradisional tong-tong, sebagai ikhtiar untuk melestarikan kesenian tradisional yang merupakan salah satu Warisan Budaya Tak Benda Kabupaten Sumenep.

Karena itulah, pihaknya mengharapkan, dengan diselenggarakannya festival cipta lagu musik tong-tong, mampu memacu semakin banyak karya dan kreasi musisi musik tradisional ini.

“Kami mengapresiasi peserta yang telah ikut memeriahkan festival ini, mudah-mudahan musik tong-tong semakin dicintai masyarakat Kabupaten Sumenep dan Madura pada umumnya,” tandasnya.

Bupati menandai pembukaan festival cipta lagu musik tong-tong, dengan memainkan musik tong-tong bersama.

Festival cipta lagu musik tong-tong diadakan oleh Forum Komunikasi Putera-Puteri Purnawirawan dan Putera-Puteri TNI/Polri (FKPPI) Cabang 1327 Sumenep, selama dua hari mulai 04 hingga 05 Agustus 2023, di Lapangan Gotong Royong.

“Peserta festival cipta lagu musik tong-tong yang pertama kali diadakan di Pulau Madura ini diikuti oleh 18 regu, berasal dari Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Pamekasan,” tutur Ketua FKPPI 1327 Sumenep Edi Susanto.

Terkait anggaran festival, tanpa suntikan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), namun pihaknya mengajak berbagai pihak untuk menyukseskan pelaksanaannya sebagai pendukung atau sponsor acara.

“Jadi, kami menjalin kerja sama dengan beberapa pihak untuk mensponsori pelaksanaan festival, karena tidak ada dana melalui APBD Kabupaten Sumenep,” pungkasnya. ( Yasik, Fer )