Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 30-01-2023
  • 1398 Kali

Bupati Sumenep : Kepala Desa Komitmen Jadikan Desa Mandiri

Media Center, Senin ( 30/01 ) Kepala Desa diharapkan memiliki komitmen menjadikan Desanya menjadi berstatus Desa Mandiri, sebagai upaya memajukan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi mengatakan, kepala desa harus mempunyai niat serta semangat dalam menjalankan roda pemerintahan demi membangun desa di segala sektor, sehingga terus melakukan berbagai inovasi program dalam rangka menguatkan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakatnya.

“Kami ingin Kepala Desa se-Kabupaten Sumenep bisa membuat desanya lebih maju untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati di sela-sela Apel Gabungan dan Penyerahan Piagam Penghargaan kepada 7 Desa Mandiri, di Halaman Kantor Bupati, Senin (30/01/2023).

Karena itulah, desa yang berstatus bisa memacu dan memotivasi kepada desa lainnya untuk berproses menjadi desa mandiri, supaya pemerataan pembangunan dilakukan di seluruh desa se-Kabupaten Sumenep.

“Proses desa status mandiri minimal satu kecamatan satu desa mandiri yang selanjutnya ditingkatkan agar desa mandiri terus bertambah di desa lainnya,” terang Bupati.

Sebanyak 7 kepala desa mendapat piagam dan lencana sebagai desa berstatus Mandiri dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI, sebagai wujud apresiasi Pemerintah kepada Desa. 

Penyerahan piagam dan penghargaan itu dilakukan Bupati Sumenep kepada kepala desa saat pelaksanaan Apel Gabungan yang diikuti oleh pimpinan OPD serta Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Pemerintah Kabupaten Sumenep juga memberikan penghargaan kepada tujuh kepala desa itu, berupa anggaran dana untuk pengadaan sarana dan prasarana desa dengan ketentuan setiap desa  sebesar Rp150.000.000,00,” tutur Bupati Ra Achmad Fauzi.

Sementara, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI memberikan piagam dan lencana kepada tujuh kepala desa, yakni Kepala Desa Lobuk, Kebunagung, Kolor, Paberasan, Pamolokan, Lenteng Timur, dan Kepala Desa Karduluk. 

“Jadikan piagam dan penghargaan ini motivasi kepada kepala desa lainnya untuk berproses menjadi desa mandiri, tujuannya indeks desa semakin meningkat, agar ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan ekologi semakin lebih baik,” pungkas Bupati Ra Achmad Fauzi. ( Yasik, Fer )