Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 03-10-2022
  • 218 Kali

Bupati Sumenep: MHQ Sarana Pembinaan Mental Spiritual

Media Center, Senin ( 03/10 ) Ratusan siswa dari berbagai lembaga pendidikan di Kabupaten Sumenep mengikuti Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-753 Kabupaten Sumenep.

Lomba yang digagas BPRS Bhakti Sumekar memperebutkan tropi Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi meliputi katagori anak juz 1 atau juz 30 usia 6 hingga 11 tahun dan remaja juz 1 sampai dengan juz 5 usia 12 hingga 15 tahun. 

“Kegiatan ini sejatinya merupakan bagian dari pembinaan mental spiritual generasi muda, sehingga bermanfaat dalam membentengi keimanan dan ketaqwaan mereka dari berbagai pengaruh serta dampak negatif,” kata Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi di sela-sela pembukaan MHQ, di Pendopo Agung Keraton, Senin (03/10/2022).

Untuk itulah, melalui MHQ pula hendaknya menjadi spirit dan semangat kebangkitan umat Islam di Kabupaten Sumenep, karena era globalisasi bisa melunturkan kecintaan terhadap Al-Quran. 

“Kami ingin lahir kaum muda harapan bangsa adalah generasi-generasi yang pintar dan cerdas secara intelektual, serta memiliki keimanan dan ketaqwaan, guna membentengi dirinya dari gempuran beragam pengaruh negatif seperti media sosial di era digitalisasi," tutur Bupati.

Bupati mengungkapkan, pemerintah daerah memang memfokuskan berbagai kegiatan bersifat keagamaan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan generasi muda, sehingga diharapkan peran aktif orang tua untuk mendidik anak-anaknya supaya tidak mudah terpengaruh dampak negatif globalisasi. 

"Orang tua harus membiasakan anak-anak kecanduan membaca Al-Quran daripada bermain game dan sejenisnya," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) BPRS Bhakti Sumekar Sumenep, Hairil Fajar menambahkan, jumlah peserta terdaftar sebanyak 453 orang, yakni 405 peserta dari daratan dan 48 peserta dari kepulauan, yang berasal dari 182 lembaga.

“Pelaksanaan lomba mulai 03 hingga 07 Oktober 2022, bertempat di Pendopo Agung Keraton Sumenep dan penyerahan hadiah pada puncak Hari Jadi ke-753 Kabupaten Sumenep,” tambahnya.

BPRS Bhakti Sumekar sebagai penyelenggara MHQ menyediakan penginapan gratis bagi para peserta yang berasal dari kepulauan selama mengikuti lomba. ( Yasik, Fer )