Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 20-08-2023
  • 1159 Kali

Bupati Sumenep : Sepeda Hias Bangkitkan Kreativitas Siswa

Media Center, Minggu ( 20/08 ) Upaya menumbuhkembangkan kreativitas seni bagi generasi muda khususnya pelajar, Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Pendidikan mengadakan Festival Sepeda Hias Beregu.

Kegiatan yang merupakan rangkaian untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI 2023, diikuti oleh puluhan regu terdiri dari siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, kegiatannya merupakan wahana untuk memberikan ruang kepada anak-anak, dalam rangka membangkitkan gairah berkreativitas menciptakan kreasi melalui karya seni menghias sepeda.

“Kami mengajak generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif melalui ide pemikirannya menciptakan karya nyata, demi mendorong pembangunan Kabupaten Sumenep,” kata Bupati di sela-sela melepas Festival Sepeda Hias, di depan Rumah Dinas Bupati, Minggu (20/08/2023).

Diharapkan pula, melalui festival sepeda hias ini, menumbuhkembangkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada pelajar dan generasi muda, sehingga memiliki rasa cinta tanah air, guna melanjutkan cita-cita perjuangan pahlawan bangsa yang belum tercapai.

“Kemeriahan warna-warni sepeda hias membuktikan bahwa bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku dan budaya, namun tetap dalam satu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan,” terang Bupati.

Sementara Ketua Panitia Sunaryanto mengungkapkan, festival sepeda hias tahun ini diikuti sebanyak 44 regu, perinciannya siswa SD sebanyak 36 regu dan SMP  sebanyak 8 regu.

“Kami menetapkan 6 pemenang dan 3 peserta favorit untuk tingkat SD, sedangkan untuk tingkat SMP ditetapkan 4 pemenang yang berhak mendapatkan uang pembinaan dan piagam penghargaan serta tropi Bupati Sumenep,” tandasnya.

Penilaian lomba sepeda hias meliputi kesesuaian penampilan dengan tema yang diusung, ketertiban barisan, kerapian regu, kekompakan, kreativitas, kelengkapan jumlah peserta dan hiasan sepeda.

“Terima kasih kepada segenap panitia dan dewan juri, serta semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini,” pungkasnya. ( Yasik, Fer )