Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 28-01-2024
  • 208 Kali

Cegah Banjir dan Longsor Babinsa Bantu Warga Belluk Ares Perbaiki Saluran Air

Media Center, Minggu ( 28/01 ) Kondisi curah hujan yang tinggi menyebabkan ancaman terjadinya banjir, tanah longsor dan erosi tepi jalan di Desa Belluk Ares Kecamatan Ambunten. Sehingga, perlu adanya perbaikan jalan dengan pembuatan plengsengan atau yang dikenal dengan Tanggul Penahan Tanah (TPT).

Babinsa Koramil 0827/10 Ambunten Koptu Ahmad Yulianto, mengungkapkan, Karya Bhakti dengan warga binaannya dalam rangka mengantisipasi terjadinya erosi tepi jalan pedesaan dan perbaikan saluran air dengan membuat Tanggul Penahan Tanah (TPT), Minggu (28/01/2024).

"Sasaran utama pembuatan TPT ini adalah di titik jalan yang melintasi kebun-kebun milik warga. Karena kondisi nyata saat ini sudah mulai mengiris batin," ujarnya.

Dijelaskan, tanah bagian tepi jalan nampak mencekung, terbawa aliran air hujan, apabila dibiarkan terlalu lama tidak menutup kemungkinan akses jalan ini akan mudah terjadi banjir. Hal inilah yang menggugah semangat Babinsa untuk giat membantu warganya dalam menyelesaikan pembuatan TPT.

Karenanya, perbaikan jalan ini diharapkan dapat membantu warga, apalagi dengan kondisi musim penghujan yang rawan terjadi banjir.

"Dengan pembangunan TPT ini diharapkan efektif mengatasi erosi tepi jalan dan mampu melancarkan aliran air," tandasnya.

Seperti yang diharapkan salah seorang warga setempat, Saiful, jika ke depannya akan dilakukan pembuatan TPT secara total di sepanjang jalan pedesaan sehingga aktivitas warga semakin lancar.

"Untuk kelancaran aktivitas warga, pembuatan TPT harapannya dilakukan di sepanjang jalan desa,” ujar Saiful. ( Dim/Ren,Fer )