Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 20-08-2023
  • 433 Kali

Ciptakan Pragaan Bersih, Istri Camat Ikut Andil Bersihkan Sampah Sungai Jerman

Media Center, Minggu ( 20/08 ) Guna menguatkan komitmen untuk menciptakan Kecamatan Pragaan yang bersih dan bebas sampah, Istri Camat Pragaan Gita Sri Wahyuni turut andil membersihkan sampah sungai Jerman, di Desa Prenduan Kecamatan Pragaan. 

Ia mengatakan, tantangan pengelolaan sampah di Kecamatan Pragaan ini sangatlah kompleks dan memerlukan solusi yang holistik dan komprehensif.

"Persoalan sampah bukan hanya membersihkan sungai, tapi juga berkaitan dengan perilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan di sungai. Ini harus dihentikan," ungkap Gita usai bersih-bersih sampah, Minggu (20/08/2023).

Pengelolaan sampah ke depan harus berkelanjutan, menjadi perhatian semua elemen, termasuk kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi di sungai.

"Sungai kita harus jernih, sehingga orang bisa ambil air atau mandi di sungai lagi. Karena kebiasaan membuang sampah di sungai, sehingga sungai tampak kumuh," tuturnya.

Dalam urusan persampahan, menurutnya ada Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, yang menyatakan bahwa pemerintah, termasuk pemerintah kecamatan dan desa memiliki kewajiban untuk melaksanakan penyelenggaraan pengelolaan sampah yang baik.

Gita menegaskan, bersama masyarakat perlu mulai memikirkan penyediaan fasilitas dan infrastruktur yang memadai, termasuk di dalamnya adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA), menegakkan regulasi pengelolaan sampah, melakukan sosialisasi kepada masyarakat, mengawasi dan membina pengelolaan sampah hingga melakukan kerja sama dengan pihak lain, seperti perusahaan dan Organisasi Masyarakat (Ormas) serta masyarakat demi pengelolaan sampah yang semakin baik.

Lebih lanjut ia berharap, pembersihan sampah harusnya menjadi kepedulian bersama untuk menjaga lingkungan, karena akan menjadi efek jangka panjang.

"Kalau kebersihan sebagian dari iman, maka membuang sampah pada tempatnya dan melestarikan lingkungan adalah implementasi dari hati yang bersih, jadi bukan hanya tugas pemerintah saja, semua elemen harus punya kepedulian pada urusan sampah ini. Ayo mulai dari sekarang. Setelah dibersihkan jangan ada lagi orang membuang sampah di sungai," pungkasnya. (KIM-KMAP/Ismi,Fer)