Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 30-03-2023
  • 404 Kali

Dandim Dorong Pengoptimalan Lahan Tidur Untuk Menjadi Sentra Jagung

Media Center, Kamis (30/03) Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, SE, MSi meninjau tanaman jagung di Desa Guluk-Guluk, Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, Kamis (30/03/2023).

Peninjauan didampingi langsung Danramil 0827/07 Guluk-Guluk Kapten Inf Heri Suharminto bersama Babinsa, di lahan seluas 1 hektar milik H. Zaini.

Peninjauan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan jagung untuk silase yang menjadi program Kodim 0827/Sumenep.

Dalam peninjauannya Dandim Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.,M.Si. mengapresiasi tanaman jagung di Desa Guluk-Guluk yang pertumbuhannya bagus.

"Saya lihat jagung usia 35 hari sudah terlihat bagus, batang jagungnya besar. Artinya sekarang bagaimana menggalakkan Sumenep ini untuk bisa bertanam jagung yang baik," ucapnya.

Pada kesempatan itu juga Donny meninjau tempat penampungan air di sawah, dan menginstruksikan lahan tidur yang ada di Sumenep diproduktifkan untuk dijadikan sentra jagung.

Selain itu, pihaknya juga ingin menggerakkan masyarakat agar di setiap lahan untuk dilakukan pengeboran.

"Lahan-lahan tidur nantinya kita akan gerakkan semua untuk menjadi sentra jagung. Kita juga gerakkan untuk bor air, agar lahan kering yang biasanya ditanami musim hujan, nantinya bisa produktif sepanjang tahun, sehingga kita akan menuju masa kejayaan jagung dan sapi Madura," jelasnya.

Sementara itu, Danramil 0827/07 Guluk-Guluk Kapten Inf Heri Suharminto mendukung langkah kodim untuk memperkuat ketahanan pangan pada tanaman jagung.

"Saya himbau kepada masyarakat di sini yang punya lahan agar menanam jagung, sehingga dapat meningkatkan perekonomiannya, terlebih masyarakat pedesaan di sini, banyak yang mata pencahariannya sebagai petani," ungkapnya.

(Dim, Han)