Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 14-03-2017
  • 260 Kali

Diklat Bukan Sekedar Persyaratan Untuk Mengejar Karier

Media Center, Rabu ( 15/03 ) Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pimpinan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) diharapkan tidak hanya sekedar sebagai persyaratan kenaikan pangkat, dalam menunjang karir jabatan. Namun, Diklat harus mampu memberikan dampak untuk profesionalitas kinerja.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Drs. Hadi Soetarto, M.Si saat membuka Diklat Pimpiman Tingkat IV di Sanggar Kegiatan Bersama (SKB) Batuan, Kecamatan Batuan, Rabu (15/03) mengatakan, sejatinya pelaksanaan Diklat Pimpinan bagi ASN, sebagai upaya meningkatkan profesionalitas kinerja, utamanya dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Dewasa ini, ekspektasi masyarakat sangat tinggi tuntutannya kepada birokrasi, karena masyarakat memandang birokrasi itu sebagai tulang punggung pembangunan.

”Masyarakat saat ini, menginginkan pelayanan yang cepat dan responsif terhadap keluhan masyarakat, begitu kesalahan kecil saja, dampaknya sangat besar, namun penilaian sebaliknya oleh masyarakat, meskipun birokrasi telah melakukan prestasi, anggapan masyarakat biasa saja. Itulah nasib birokrasi, namun yang jelas ini sebagai fenomena, dan kita tetap semangat dalam bekerja,”katanya.

Sekda mengatakan, birokrasi ibarat mesin bagi pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, sehingga pihaknya menilai Aparatur Sipil Negara harus terus dilakukan peningkatan dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM).

Bahkan pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, telah melakukan berbagai upaya dan inovasi, seperti penataan organisasi perangkat daerah sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2016, sehingga dengan inovasi yang dilakukan pemerintah bisa merubah pelayanan birokrasi yang melayani dan berintegritas.

”Kami berharap ASN, bahwa proyek Diklat Pimpinan ini benar-benar menghasilkan peningkatan SDM, bukan sekedar hanya mengikuti diklat untuk persyaratan lulus saja. Karena itu, kami meminta atasan masing-masing peserta diklat selalu mengawasi secara baik, supaya birokrasi semakin baik,” ungkapnya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Titik Suryati, SH, MH menjelaskan, peserta Diklat Pimpinan Tingkat IV angkatan 135 tahun 2017 sebanyak 40 orang, yang tersebar di sejumlah organisasi perangkat daerah. Sedangkan pelaksanaan diklat berlangsung sejak 15 Maret hingga 12 Juni 2017. ( Yasik, Esha )