Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 04-01-2023
  • 263 Kali

DPRD Bakal Dorong Pemkab Sumenep Siapkan Anggaran Khusus Peningkatan Pelayanan Saat Cuaca Ekstrem

Media Center, Rabu ( 04/01 ) Cuaca ekstrem yang melanda perairan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, membuat DPRD bakal mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat untuk menyiapkan anggaran khusus peningkatan pelayanan bagi masyarakat kepulauan.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumenep, M. Syukri mengatakan, cuaca ekstrem memang terjadi setiap tahun, menyebabkan masyarakat kepulauan tidak bisa berlayar akibat tidak ada kapal yang beroperasi dan terpaksa tertahan di Pelabuhan Kalianget.

"Kondisi ini sudah sepatutnya mendapat perhatian serius dari Pemkab Sumenep. Karena volume tertahannya warga kepulauan di Pelabuhan Kalianget pada cuaca ekstrem kali ini cukup lama, yakni lebih dari setengah bulan sejak 17 Desember 2022 hingga 04 Januari 2023," ujarnya.

Politisi asal PPP ini menilai sebagai kabupaten yang memiliki wilayah kepulauan, ke depan pihaknya akan mendorong ada anggaran khusus mengantisipasi cuaca ekstrem. Semisal mendatangkan kapal perang atau sebagainya.

"Kami akan melakukan komunikasi dengan eksekutif terkait program khusus tersebut. Karena kasihan juga warga kepulauan yang tertahan lama di Pelabuhan Kalianget," tuturnya, Rabu (04/01/2023).

Syukri juga mengungkapkan, akibat cuaca ekstrem itu banyak menimbulkan kerugian yakni berhentinya perputaran perdagangan di kepulauan.

"Selain itu, warga yang tertahan di Pelabuhan Kalianget rugi waktu dan finansial (keuangan). Pemerintah Kabupaten Sumenep harus peka atas kesulitan yang dihadapi warga kepulauan saat cuaca ekstrem," ungkapnya. ( Nita, Fer )