Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 03-01-2023
  • 489 Kali

Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Pemdes Karduluk Beri Tanda Eartag pada Pengadaan Sapi

Media Center, Selasa ( 03/01 ) Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep bersama Forum Pimpinan Kecamatan Pragaan, memberi tanda Eartag pada kuping sapi yang dibeli khusus dari bantuan keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

Dana yang digunakan untuk pengadaan sapi tersebut sebesar sepuluh juta Rupiah dengan spesifikasi sapi, jenis kelamin betina pembibitan, sapi Madura asli bukan persilangan dan tidak cacat, tinggi minimal 114 centimeter, lingkar dada minimal 130 centimeter, sehat secara fisik dan reproduksi, dilakukan eartag ber-barcode.

Kepala Desa (Kades) Karduluk Ahmad Faruq mengatakan, pengadaan sapi merupakan bantuan keuangan khusus dari Pemkab Sumenep melalui APBDes Karduluk Tahun Anggaran 2022, yang tujuannya berorientasi pada peningkatan ketahanan dan ketersediaan pangan pedesaan berupa daging dan peningkatan ekonomi warga desa.

"Pemerintah ingin program ini dapat menopang ketahanan pangan nasional dan ketersediaan daging yang cukup, serta berkelanjutan dalam jangka waktu panjang," terang Kades Karduluk, Selasa (03/01/2023).

Guna mencapai maksud jangka panjang tersebut, dirinya berkomitmen untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang akan datang menganggarkan kembali pengadaan sapi di desanya lebih banyak lagi dari sumber Dana Desa (DD).

"Ya 2023, kami anggarkan pengadaan sapi di APBDes, guna membangun ketahanan pangan daging sapi untuk jangka panjang, dan tentunya memperkerjakan orang, sehingga ekonominya meningkat sekaligus mengatasi pengangguran," tuturnya kepada KIM setempat. ( KIM-KMAP/Ismi,Fer )