Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 18-01-2022
  • 276 Kali

Empat Pilar Kawal Langsung Gerebek Vaksinasi di Desa Pragaan Laok

Media Center, Selasa ( 18/01 ) Guna mempercepat capaian 70 persen, empat pilar di Kecamatan Pragaan turun langsung mengawal gerebek vaksinasi di Desa Pragaan Laok yang menyasar 18 titik dan 6 dusun.

Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pragaan, H. Abdul Azis mengatakan, vaksinasi penting dalam penanganan pandemi, karena berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), sekitar 94 persen kasus kematian akibat COVID-19 di rumah sakit terjadi pada pasien yang belum divaksin.

“Pengebalan tubuh dari ancaman COVID-19 yang utama dengan vaksinasi. Sebelum mencapai persentase herd immunity kita wajib pakai masker,” kata Kepala Puskesmas Pragaan di sela-sela kegiatan gerebek vaksinasi berlangsung di Desa Pragaan Laok, Selasa (18/01/2022).

Sementara itu, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Prenduan, AKP Achmad Supriyadi, SH, MH, mengatakan, gerakan gerebek vaksinasi di kampung terdalam sangat penting untuk melindungi dan menyelamatkan masyarakat agar segera beraktivitas dengan aman. 

Untuk mencapai itu, pihaknya selalu bersinergi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Pemerintah Desa (Pemdes) untuk percepatan vaksinasi.

“Terutama di desa yang masih rendah capaian vaksinasinya kami harus punya perhatian khusus,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Komandan Rayon Militer (Danramil) Pragaan, Handy Tri Prawono meminta seluruh kekuatan elemen harus dikuatkan dan dimobilisasi untuk satu gerakan.

“Vaksinasi tak hanya diserahkan kepada Tenaga Kesehatan (Nakes), kita harus concern serta totalitas dalam mengawal gerebek kampung vaksinasi ini. Bahkan, harus turun langsung ke lapangan,” pungkasnya.

Kepala Desa (Kades) Pragaan Laok, H. Imam Mahdi juga menyatakan, sangat penting baginya untuk melindungi warga dengan vaksinasi.

“Kami ingin warga segera terlindungi, apalagi menghadapi varian baru Omicron,” imbuh Kades Pragaan Laok saat dimintai keterangan mengenai gerebek vaksinasi.

Sehingga, Camat Pragaan, Heru Cahyono, S.STP juga berkomitmen agar vaksinasi di wilayahnya segera mencapai 70 persen. 

“Gerebek ini salah satu upaya mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) 70 persen dari total wajib vaksin di Desa Pragaan Laok. Kita sudah mendekati angka itu, dan hanya tinggal sedikit lagi untuk mencapainya,” tegas Camat Pragaan dengan penuh semangat. ( KIM-KMAP/Ismi,Fer )