Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 30-07-2023
  • 457 Kali

Festival Inovasi OMS Wadahi Kolaborasi Bersama Untuk Pembangunan Sumenep

Media Center, Ahad (30/07) Forum Masyarakat Madani Sumenep (MMS) menggelar Festival Inovasi Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) yang menginspirasi semangat kolaborasi dalam pembangunan dan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel di Kabupaten Sumenep.

Acara yang berlangsung di Gedung Islamic Center Sumenep pada Ahad (30/07/23) tersebut bertujuan untuk mendorong keterlibatan masyarakat serta menciptakan jejaring dan kerjasama yang kuat antara OMS lokal di wilayah Sumenep.

Festival Inovasi OMS dihadiri oleh berbagai organisasi kemasyarakatan seperti Lakpesdam NU, PC Fatayat NU, PC GP Ansor, NU Care-LAZISNU, LTN NU, PC Muslimat NU, BPM Annuqayah, Perempuan Kobher, Universitas Wiraraja, STKIP PGRI Sumenep, dan Kanal News.

Ketua Panitia Penyelenggara Yusnaniyah menyampaikan bahwa melalui Festival OMS tersebut, pihaknya berharap Forum MMS dapat menyatukan visi dan peran OMS dalam pembangunan Sumenep.

"Adanya kesamaan persepsi tentang posisi dan peran OMS dalam proses pembangunan menjadi langkah awal dalam menghadirkan perubahan nyata bagi masyarakat. Selain itu, festival ini juga berfungsi sebagai wadah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam penguatan kapasitas OMS serta penguatan kerja advokasi tematik BUMDes," terangnya.

Dalam jangka panjang, Forum MMS berharap tercipta relasi yang kuat antara OMS dengan pemerintah daerah.

"Dengan demikian, Pemda dapat memfasilitasi penguatan kapasitas, relevansi, dan kerjasama OMS dengan OPD terkait, sehingga tercipta sinergi dalam upaya mengentaskan berbagai persoalan pembangunan di Kabupaten Sumenep ini," ungkapnya.

Di samping rangkaian acara Festival Inovasi OMS, juga diadakan Bazar BUMDes yang menjadi bagian dari program penyelenggaraan. Selain menampilkan atraksi pendekar Pagar Nusa, penandatangan pakta integritas antara pemangku kebijakan, ormas, dan BUMD turut menjadi momen penting dalam meneguhkan komitmen bersama untuk kemajuan Kabupaten Sumenep.

Festival Inovasi OMS telah membuka pintu bagi lebih banyak dialog dan sinergi dalam memajukan Sumenep. Semangat kolaborasi yang diusung oleh Forum MMS melalui acara ini diharapkan akan menjadi pendorong bagi perubahan positif menuju Sumenep yang lebih baik, inklusif, dan sejahtera.

(Miko, Han)