Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 19-03-2015
  • 588 Kali

Hadapi Unas Tahun 2015, Diharapkan Siswa Lebih Enjoy

News Room, Jumat ( 20/03 ) Sejak menjadi standar kelulusan, Unas menciptakan tingkat ketakutan yang tinggi pada diri siswa-siswi sekolah menengah. Tidak sedikit siswa yang stres, bahkan sampai ada yang mengakhiri hidupnya hanya karena takut tidak lulus. Namun tahun ini mekanisme Unas berbeda, hasil Unas tidak lagi menjadi tolok ukur kelulusan. Ujian Akhir Nasional tahun 2015 ini hanya dijadikan sebagai pemetaan dan pemerataan kualitas pendidikan Nasional.

“Kita dengar tahun ini agak beda. Tapi tak tahu nanti. Yang jelas saat ini kita fokus mempersiapkan diri,” kata Dafifah, siswi kelas XII SMAN 1 Ambunten, kepada News Room, Jumat (20/03).

Meski begitu, Devi, panggilan akrabnya, mengaku tidak terlalu tegang menghadapi Unas. Karena ketika pikiran tegang, menurut anak terakhir dari empat bersaudara ini bisa mempengaruhi hasil ujian. “Bawa santai saja, tapi serius,” tambahnya.

Sementara Elza, siswa SMPN 2 Saronggi, mengaku siap mengikuti Unas tahun ini. Baginya Unas bukan suatu yang menakutkan sekaligus juga bukan suatu hal yang patut disepelekan.

“Kuncinya ya harus tenang, belajar, dan berdoa,” kata Juara Semi Finalis MMJ (Madura Mencari Juara) tingkat Kabupaten ini kepada News Room. Dihubungi melalui jaringan ponsel pagi tadi.

Kepala SMPN 1 Kalianget, H. Tomo, S.Pd., M.Si., mengatakan, bahwa khusus di sekolahnya persiapan menghadapi Unas sudah sejak awal tahun ajaran baru.
“Sejak Agustus 2014 kemarin. Lalu kita juga berikan binsus seperti biasanya. Tapi ya kita tetap imbau pada siswa agar jangan stres, enjoy saja,” kata mantan guru Bahasa Inggris SMPN 1 Sumenep ini.

Menurut Tomo, sesuai pernyataan Mendikbud Anies Baswedan Unas itu sebagai alat ukur pendidikan, apakah pendidikan itu sudah merata atau belum.

“Jadi seperti yang dikatakan pak Anies itu, selama proses belajar berjalan baik, Unas bukan hal yang menakutkan bagi siswa, orang tua, guru, dan sekolah,” pungkasnya.

Perlu diketahui, sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Pemerintah dan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan pada periode tahun ajaran dan kalender pendidikan 2014-2015 ini, jadwal Ujian Nasional tingkat SMA/SMK sederajat akan dilaksanakan pada tanggal 13 sampai 15 April 2015. Sementara Unas tingkat SMP sederajat akan dimulai tanggal 4 hingga 7 Mei 2015. ( Farhan, Esha )