Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 28-12-2023
  • 665 Kali

Indeks Kesalehan Sosial Kabupaten Sumenep Meningkat

Media Center, Kamis ( 27/12 ) Kondisi sosial Kabupaten Sumenep di bawah kepemimpinan Achmad Fauzi Wongsojudo dan Dewi Khalifah terus mengalami peningkatan di berbagai sektor. 

Salah satunya di bidang sosial dan kemasyarakatan sebagaimana menjadi ruh yang tertuang pada misi ke empat Pemerintah Kabupaten Sumenep 2021-2026, yakni “Melaksanakan Pembangunan Berazas Gotong Royong dan Berkearifan Lokal”. 

Data yang disusun oleh Bappeda Kabupaten Sumenep bekerja sama dengan IAIN Madura menunjukkan bahwa peningkatan itu bisa dilihat dari Indeks Kesalehan Sosial Kabupaten Sumenep 2023 yang mencapai 83,36 dibandingkan 2021 dan 2022 sebesar 80,46 dan 82,30.  

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kabupaten Sumenep, Helmi mengatakan, Indeks Kesalehan Sosial memotret pencapaian pembangunan Kabupaten Sumenep di tiga aspek, yakni Solidaritas Sosial, Gotong Royong dan Stabilitas Sosial. 

Melalui ketiga aspek ini rata-rata nilai yang didapat sangat baik, yakni nilai Stabilitas Sosial mencapai 84,71, Nilai Solidaritas Sosial mencapai 78,01 dan nilai Gotong royong mencapai 87,35. 

“Nilai itu mencerminkan berbagai pembangunan khususnya di bidang sosial dan kemasyarakatan sangat menggembirakan, yang membuktikan stabilitas sosial terus terjaga dengan baik berkat interaksi, komunikasi intensif dan harmonis yang dilakukan Bupati dengan semua lapisan masyarakat,” kata Helmi Kepada Media Center, Kamis (28/12/2023).

Pencapaian itu juga menandakan program-program Pemerintah Kabupaten Sumenep seperti pemberdayaan sosial, perlindungan terhadap anak dan perempuan dan kaum rentan lainnya, peningkatan Ketentraman Sosial, penanganan konflik dan kepedulian terhadap kegiatan keagamaan telah dilaksanakan dengan sangat baik.

“Hingga saat ini, kondisi sosial kemasyarakatan yang harmonis, menjadi pertanda kepemimpinan Bupati cukup berhasil dalam menangani berbagai persoalan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Sumenep,” tuturnya.

Terpisah Pengamat Sosial Politik sekaligus Peneliti IAIN Madura, Mohamad Ali Alhumaidi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sumenep berhasil dalam meningkatkan Indeks Kesalehan Sosial setiap tahun tidak terlepas dari political will pemerintah daerah yang terus memberikan perhatian serius terhadap masalah-masalah sosial kemasyarakatan.

“Contohnya kepedulian terhadap para guru ngaji, lembaga keagamaan, kaum marginal, anak dan perempuan, tentu saja programnya harus ditingkatkan, karena problematika masyarakat semakin besar dan dinamis,” pungkasnya. ( Yasik, Fer )