Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 13-01-2022
  • 492 Kali

Kades Se-Kecamatan Pragaan Ikuti Anugerah Percepatan Vaksinasi

Media Center, Kamis ( 13/01 ) Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Pragaan telah mengikuti anugerah percepatan vaksinasi di Kabupaten Sumenep melalui Zoom Meeting.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono, MCH mengatakan, ada banyak dinamika yang luar biasa berkaitan COVID-19 baik di pusat maupun daerah. COVID-19 itu penyebabnya SARS Cov-2 berupa gangguan pernafasan akut dan berat. Untuk menanggulangi itu, semua aparatur daerah, kecamatan dan desa bergerak dengan komando terstruktur dengan sumber daya yang ada.

“Varian Omicron muncul tak ada gejala, namun cepat sekali. Meski demikian baik varian Delta maupun Omicron kita tak ingin keduanya terjangkit di Kabupaten Sumenep,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Sumenep dalam sambutannya via Zoom Meeting, Kamis (13/01/2022).

Ia mengungkapkan, upaya pengendalian yang difokuskan pada tiga hal, pertama mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) 5M, kedua pengendalian penyakitnya sehingga tak ada yang terjangkit, ketiga dengan cara percepatan vaksinasi agar warga memiliki kekebalan kelompok.

“Namun demikian kami menyediakan sarana bed untuk antisipasi. Mudah-mudahan tak digunakan,” ungkapnya.

Agus melaporkan bahwa capaian vaksinasi yang dirilis oleh Provinsi Jawa Timur untuk dosis 1 di Kabupaten Sumenep mencapai 53,4 persen, sedangkan dosis 2 mencapai 28,18 persen. Dengan demikian maka Kabupaten Sumenep PPKM masuk level dua.

Sementara Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH, dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada kekuatan empat pilar dan semua pihak yang terlibat dalam percepatan vaksinasi. Kecamatan dan desa yang capaiannya lebih dari 70 persen mendapatkan anugerah dari Pemerintah Kabupaten Sumenep. 

Ranking satu dalam capaian lebih 70 persen tingkat kecamatan adalah Kecamatan Kalianget.

“Semoga dengan pemberian penghargaan dapat memotivasi dan meningkatkan percepatan vaksinasi di desa-desa,” pungkasnya. ( KIM-KMAP/Ismi,Fer )