Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 05-07-2023
  • 462 Kali

Kegiatan MMD Unibraw di Desa Gedungan Dapat Pendampingan Babinsa

Media Center, Rabu ( 05/07 ) Babinsa Koramil 0827/01 Kota Serka Habbas mendampingi kegiatan Mahasiswa Membangun Desa (MMD) dari Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, di Dusun Gedungan Timur, Desa Gedungan, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep.

Salah satu kegiatan yang dilakukan, yakni mengunjungi sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) keripik pisang milik Faida.

“Kegiatan MMD ini, sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan pola berpikir, cara pandang dan mengaplikasikan ilmu yang didapat di perguruan tinggi ke dalam pembangunan desa, dengan harapan dampaknya dapat dirasakan oleh mahasiswa dan masyarakat,” ujar Serka Habbas, Rabu (05/07/2023).

Menurutnya, program MMD dirancang untuk meningkatkan peran aktif mahasiswa dan berkontribusi secara nyata, guna memperkuat kapasitas sosial, ekonomi, dan lingkungan masyarakat, khususnya di Desa Gedungan.

Dikatakan, peserta MMD tidak hanya sekedar melakukan visitasi, namun juga terlibat dengan beragam aktivitas pengabdian di lapangan. Seperti halnya penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan kegiatan lain yang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi pembangunan desa.

“Melalui program MMD ini, diharapkan ke depan para mahasiswa tidak hanya menguasai materi saja, tetapi bisa menerapkan dan mengembangkan sentra UMKM melalui pemasaran, seperti dengan menggunakan HP android melalui media sosial agar mampu meningkatkan ekonomi masyarakat," tambahnya. ( Dim/Ren,Fer )