Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 22-10-2022
  • 2487 Kali

Kembali, Pemkab Sumenep Gelar Festival Musik Tong-Tong Kontemporer 2022

Media Center, Sabtu ( 22/10 ) Ribuan warga Kabupaten Sumenep memadati jalan-jalan Kota Keris, untuk menyaksikan secara langsung penampilan kelompok musik tong-tong kontemporer, dalam gelaran Festival Musik Tong-tong se-Kabupaten setempat.

Festival musik tong-tong dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-753 Kabupaten Sumenep 2022, merupakan momentum yang memang ditunggu-tunggu oleh masyarakat selama ini, karena akibat wabah Covid-19 sejak 2 tahun terakhir tidak ada festival musik tradisional masyarakat itu.

Pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sumenep bersama Keluarga Besar Forum Komunikasi Putera-puteri Purnawirawan dan Putera-puteri TNI-POLRI (FKPPI) Cabang 1327 Sumenep, kembali menggelar festival musik tong-tong kontemporer yang diikuti 30 kelompok musik tong-tong.

“Alhamdulillah, festival musik tong-tong ini baru bisa terselenggara pada tahun ini, setelah Covid-19 melanda Indonesia dan Kabupaten Sumenep sejak 2 tahun terakhir,” kata Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi di sela-sela pelepasan musik tong-tong, di GOR A. Yani Pangligur, Sabtu (22/10/2022) malam.

Musik tong-tong merupakan salah satu tradisi klasik yang diwariskan turun-temurun dan seiring dengan perkembangan pola pikir dan perjalanan waktu, terus bertransformasi sekaligus berkreasi seperti saat ini. 

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga tradisi, budaya dan kesenian agar tetap lestari dan terawat sampai kapanpun. Karena itu, banggalah memiliki budaya musik tong-tong yang tiada duanya ini,” tutur Bupati. 

Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada panitia yang telah mempersiapkan acara ini sebaik-baiknya, termasuk kepada para peserta yang ikut memeriahkan festival, sehingga dengan kegiatan ini mampu menggairahkan kebudayaan masyarakat Kabupaten Sumenep.

“Musik tong-tong ini telah diakui milik masyarakat Kabupaten Sumenep sebagai warisan budaya tak benda oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Jadi mari, kita lestarikan budaya dan tradisi yang sangat berharga ini sebagai identitas dan jati diri,” terangnya.

Sementara itu, Festival Musik Tong-tong se-Kabupaten Sumenep 2022 rutenya start di GOR A. Yani Pangligur Sumenep dan finish di perempatan Jalan Kartini dan KH. Agus Salim Desa Pangarangan. ( Yasik, Fer )