Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 12-07-2023
  • 346 Kali

Kembalikan Masa Kejayaan Sumenep, Dandim Sosialisasikan Tanam Jagung Silase

Media Center, Rabu (12/07) Para petani di balai Desa Karangbudi, Kecamatan Gapura terlihat antusias saat menerima sosialisasi Ketahanan Pangan Tanam Jagung Silase yang digelar Kodim 0827/Sumenep, Selasa (11/07).

Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.,M.Si. kepada para petani menjelaskan terkait pengolahan jagung di mana manfaat dari program tanam jagung silase bisa menyejahterakan petani.

"Kami di sini melihat bahwa secara tradisional Sumenep ini adalah tempatnya jagung dan sapi, saat ini kami membuat teknologi mengelola jagung mulai dari batang, buah dan daunnya di usia 85 hari," ujarnya.

Mengenai pengolahannya, Letkol Donny mengatakan bahwa setelah panen, jagung di angkut ke Pabrik Silase Jagung yang ada di Kertasada, Kecamatan Kalianget.

"Jagung nantinya masuk pabrik, dicacah terus fermentasi untuk pakan ternak, dan pakannya ada pemasarannya sendiri, sudah banyak yang minta mulai dari peternak di Malang dan Pasuruan," ujar Donny.

Donny juga berharap dengan sosilisasi tersebut petani di Karangbudi, Gapura, ikut menanam jagung silase.

"Harapannya petani bisa sejahtera, selain mendukung program ketahanan pangan pemerintah, kita juga ingin mengembalikan masa kejayaan jagung dan sapi Madura," harapnya.

Sementara itu, Kades Karangbudi Roni Yusiyanto mengaku antusias dan senang dengan sosialisasi silase jagung. Menurutnya, di Karangbudi sangat strategis untuk menamam jagung.

"Jadi kami berterima kasih kepada Dandim dengan adanya sosialisasi silase ini, karena petani kami masih belum paham, cuma tahunya tanam jagung saja. Semoga sosialisasi ini dapat berguna bagi kita semua sehingga petani kami ke depan mendapat katagori sukses di dalam bertani," ungkap Roni.

Turut hadir Kasdim 0827/Sumenep Mayor Cba Ari Pamungkas Dian Buwono, Forpimka Kecamatan Gapura, Pasilog Kapten Arm Imam Wahyudi, dan kelompok tani Desa Karangbudi.

(Dim, Han)