Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 06-01-2024
  • 944 Kali

Kerapan Sapi Piala Bupati, Sebagai Sarana Silaturahim dan Jaga budaya

Media Center, Sabtu ( 06/01 ) Seratus pasang sapi kerap berasal dari 4 Kabupaten di Madura, yakni Kabupaten Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Bangkalan, mengikuti Kerapan Sapi Piala Bupati Sumenep dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-3 Gridu.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, pelaksanaan kerapan sapi yang diadakan baik oleh pemerintah daerah maupun paguyuban menjadi ajang pesta rakyat, sehingga tidak ada perilaku yang meracuni sportivitas seperti foya-foya dan kegiatan lainnya.

“Saya harapkan kerapan sapi merupakan bagian untuk memupuk silaturahim, mempertahankan dan memperkuat budaya lokal masyarakat sebagai identitas kultural masyarakat Kabupaten Sumenep dan Madura umumnya,” kata Bupati di sela-sela lomba, di Lapangan Kecamatan Bluto, Sabtu (06/01/2024).

Kerapan sapi adalah budaya dan tradisi  warisan leluhur yang tidak ternilai harganya, karena itulah, generasi saat ini, berkewajiban melestarikan, mempertahankan sekaligus mengembangkan budaya dan tradisi ini. 

“Pemerintah daerah berkomitmen untuk menjaga warisan budaya Kerapan Sapi dengan menggelar secara rutin kegaiatannya setiap tahun, karena selain melestarikan warisan juga sebagai media  meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sumenep,” terangnya.

Pelaksanaan Kerapan Sapi piala Bupati Sumenep dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 Gridu yang berlangsung selama 2 hari sejak 06 hingga 07 Januari 2023, merupakan kegiatan pertama kalender wisata Kabupaten Sumenep tahun ini.

Berdasarkan data panitia untuk hari pertama adalah kelas eksklusif yang jumlah pesertanya sebanyak 48 pasang sapi kerap, sedangkan hari kedua kelas ukuran sebanyak 78 pasang sapi kerap. 

“Panitia pelaksana menyediakan hadiah 2 unit mobil, 4 unit sepeda motor dan 6 unit sepeda listrik,” pungkas Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo. ( Yasik, Fer )