Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 08-08-2023
  • 440 Kali

KKN Mahasiswa Unija di SDN Torbang 2, Semarakkan Literasi Bersama Perpusling

Media Center, Selasa ( 08/08 ) Dalam rangka menyemarakkan kegiatan literasi di SDN Torbang 2 Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep, para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unija Sumenep, membersamai siswa-siswi dengan membaca buku-buku yang disediakan oleh Perpustakaan Keliling (Perpusling) dari Kantor Perpustakaan dan Kearsipan setempat.

Para mahasiswa Universitas Wiraraja (Unija) KKN 2023 kelompok 22 di Desa Torbang ini, di antaranya Shefya Regina Putri Cahyani dan Bela Marsela keduanya dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)/PGSD, Muhammad Andi Gunawan, Ainur Fikri dan Devyanti Sri Agustina ketiganya dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Akuntansi serta Alfandincha Hifaman Fidauzy dari Fakultas Teknik Sipil.

Penanggung Jawab Kegiatan Shefya Regina Putri Cahyani, mengungkapkan, dengan adanya kegiatan membaca buku-buku yang disediakan Perpusling ini, diharapkan mampu memberikan semangat literasi siswa-siswi untuk terus membaca buku bacaan yang baru dan bervariasi.

"Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa literasi terhadap siswa sekolah dasar, terutama pada siswa yang kurang minat terhadap buku bacaan atau dalam hal literasi," ungkap Shefya, Selasa (08/08/2023).

Dikatakan pula, dengan adanya perpustakaan keliling mempermudah siswa untuk membaca lebih banyak buku bervariasi, fasilitas lengkap serta pelayanan yang baik dan sangat memuaskan bagi guru dan siswa.

Diharapkan pula ke depannya Perpusling terus aktif, untuk menyemarakkan literasi dari sekolah ke sekolah, guna membantu proses literasi yang semakin menurun dari waktu ke waktu.

Selain itu juga buku bacaan bisa lebih bervariasi guna menjadi acuan utama literasi di Kabupaten Sumenep.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SDN Torbang 2 Yuliana Indrawati, S.Pd, mengaku sangat terkesan dengan kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN dan dari Perpusling yang telah memfasilitasi dengan pelayanan yang terbaik kepada siswa-siswi di SDN Torbang.

Sehingga mereka tertarik sekali dengan buku-buku yang disediakan. Setidaknya sebanyak 76 siswa dari kelas 1-6 semua antusias membaca buku-buku tersebut.

"Kegiatan ini luar biasa, syukur-syukur nantinya Perpustakaan Keliling bisa ditingkatkan lagi koleksi buku-buku ceritanya. Sehingga semakin menambah gairah literasi khususnya di Kabupaten Sumenep," tandasnya.

Sedangkan, Pustakawan Ahli Muda Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep, Drs. Syaiful Bahri, mengaku tetap berusaha semaksimal mungkin memberikan layanan Perpusling ke sejumlah sekolah dan lembaga pendidikan yang ada di desa dan kecamatan di Kabupaten Sumenep.

"Selain bentuk pelayanan kami juga terus melakukan inovasi dan edukasi di setiap momen turun ke lapangan, sehingga Perpusling ini disukai dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya para pelajar yang perlu terus diasah kecintaannya dalam membaca," tambahnya. ( Ren, Fer )