Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 20-08-2023
  • 443 Kali

KPM STITA Bersama Desa Cangkreng Gelar JJS

Media Center, Ahad (20/08) Panitia Lomba Desa Cangkreng bekerja sama dengan peserta KPM STIT Aqidah Usymuni 2023 mengadakan kegiatan JJS, Ahad (20/08). Kegiatan diikuti oleh semua warga dari tingkat TK/PAUD hingga dewasa..

Kegiatan ini sebagai puncak dari beberapa lomba yang diadakan sebelumnya. Beberapa lomba yang diadakan seperti lari memindahkan bendera, lari bakiak, nyo'on gaddang, cantol topi, membaca teks Pancasila, paduan suara, dan cerdas cermat. Lomba-lomba tersebut diadakan sebelum acara puncak, yaitu acara Jalan-Jalan Sehat (JJS), sebagaimana dilaksanakan hari ini.

Sekitar jam 05.30 panitia dan peserta KPM telah bersiap-siap untuk prosesi JJS. Karena sebelum pemberangkatan, diadakan pemanasan (warming up) agar para peserta JJS terlepas dari persoalan otot. Warming up dipimpin dari kalangan Fatayat NU Cangkreng. Terlihat sekali bahwa mereka yang berjumlah 6 orang itu, begitu padu dan serasi antara yang satu dengan lainnya. Sehingga para peserta JJS cukup puas dan mengikuti gerak mereka dengan irama musik yang rancak.

Setelah pemanasan dilanjutkan dengan sambutan atas nama Camat Lenteng yang diwakili oleh pihak aparat kecamatan mengatakan bahwa selagi kita tidak ikut berperang, maka kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan kemaslahatan. "Mari kita isi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang baik. Salah satu kebaikan itu adalah kegiatan lomba dan JJS," demikian Beliau menyampaikan di antara sambutannya.

Setelah sambutan dari kecamatan Lenteng, dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Kades Cangkreng Halili, SH, sebagai tanda dimulainya kegiatan JJS. "Dengan membaca Bismillah acara JJS resmi dibuka," kata Halili.

Sekitar kurang lebih seribu peserta JJS pun secara serentak memulai perjalanan. Dimulai dari Balai Desa, menuju ke arah barat, berbelok ke arah utara (kampung Pocang), berarak berjalan bersama-sama dengan perasaan gembira. Setelah itu berbelok ke arah timur kemudian ke selatan melewati depan masjid Nurut Thoyyibin. Di depan masjid ini disediakan tempat kupon untuk para peserta JJS. Dengan diawasi oleh panitia, peserta JJS memotong dan memberikannya kepada panitia. Setiap peserta hanya boleh memiliki 1 kupon undian.

Setelah itu para peserta JJS menuju ke tempat semula, Balai Desa. Di tempat ini kemudian panitia mengundi kupon, memberikan hadiah, serta membacakan para pemenang lomba sebelumnya. Sekitar jam 07.45 WIB semua peserta sudah sampai di tempat pemberangkatan, Balai Desa Cangkreng. Mereka tidak sabar menunggu dengan harap-harap cemas, siapa kira-kira yang akan mendapatkan hadiah yang telah disediakan oleh panitia.

Kali ini, panitia JJS menyediakan hadiah utama berupa kompor gas (ganda), setrika, dan kompor listrik (rice cooker). Dan masih banyak lagi hadih-hadiah hiburan yang dapat dibawa pulang oleh peserta JJS. Selain itu, pada pengambilan hadiah ini juga diberikan hadiah lomba yang telah dilaksanakan sebelum pelaksanaan JJS. Kegiatan JJS ini merupakan puncak dari kegiatan lomba-lomba yang diadakan sejak tanggal 20 Agustus yang lalu.

Setelah sekian lamanya, penarikan undian dan pemberian hadiah pun usai. Hadiah utama pun telah dibawa oleh salah satu peserta yang nomor undiannya berhasil keluar. Di akhir kegiatan, Kepala Desa Cangkreng Halili, SH, menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga. "Terima kasih saya sampaikan kepada semua warga yang telah ikut serta dalam kegiatan JJS. Mohon maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan," demikian Kades Cangkreng ini menyampaikan di akhir acara kegiatan penarikan undian JJS.

Setelah itu Ketua Fatayat NU Cangkreng Choirun Nisa' meminta para panitia dari segala unsurnya untuk melakukan bersih-bersih arena kegiatan. "Diharapkan kepada seluruh panitia, termasuk juga peserta KPM untuk melakukan bersih-bersih tempat kegiatan," ujarnya.

Seluruh panitia bahu membahu membersihkan lokasi kegiatan. Dalam waktu singkat area Balai Desa pun bersih dari sampah yang sebelumnya berserakan.

(St, Han)