Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 13-08-2015
  • 352 Kali

Kuatkan Komitmen Majukan Gerakan Pramuka Di Sumenep

News Room, Jumat ( 14/08 ) Tak terasa revitaliasi Gerakan Pramuka sudah hampir 10 tahun lamanya, yang tentunya tujuan utama revitalisasi tersebut tidak lain untuk memantapkan eksistensi dan fungsi Gerakan Pramuka. Yakni, sesuai dengan tema Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka tahun ini, “Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan Dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda.”

Hal tersebut ditegaskan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Drs. Ec. H. Sustono, M.Si, MM saat membacakan sambutan Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si yang juga Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Sumenep, pada Upacara HUT Ke 54 Pramuka di Lapangan Kecamatan Bluto, Jumat (14/08).

“Semoga pada HUT Ke 54 Gerakan Pramuka tahun 2015 ini, mampu menguatkan komitmen semua pihak untuk membesarkan dan memajukan Pramuka, khususnya di Sumenep,”ungkapnya. Sebab, diakui tantangan kaum muda Indonesaa saat ini makin bertambah berat.

Karena itu, Gerakan Pamuka yang merupakan salah satu pilar pendidikan di Indonesia dituntut dapat berkontribusi bagi bangsa dan negara untuk menyelesikan persoalan kaum muda. Seperti halnya masih tingginya angka putus sekolah, maraknya kriminalitas, perilaku dan gaya hidup yang tidak sehat serta perilaku pergaulan bebas yang semakin memprihatinkan.

“Kami yakin Pramuka akan mampu menyelesaikan masalah dan tantangan tersebut dengan membentuk karakter dan menanamkan semangat, serta nilai kebangsaan bagi kaum muda,”tandasnya.

Jika melihat sejarah, bagaimana Gerakan Pramuka berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dan diawal kebangkitan nasional, berperan membangkitkan semangat kebangsaan, diera kemerdekaan menggalang semangat persatuan dan kesatauan, serta di masa kemerdekaan saat ini wajib mengisi kemerdekaan dengan tetap menggelorakan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Sementara Panitia Upacara HUT Ke 54 Geraka Pramuka Kwarcab Sumenep yang juga Ketua Kwarran Bluto, Drs. H. A. Rousul, M.Pd mengungkapkan, disamping menghadirkan seluruh pengurus Kwarcab Sumenep, anggota Mabiran di Kecamatan Bluto, upacara juga diikuti hampir 1000 Pramuka Penggalang dan Penegak, serta Pembina utusan seluruh Gudep SD/MI. SMP/M.Ts, dan SMA/MA se Kecamatan Bluto. ( Ren, Esha )