Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 20-12-2022
  • 662 Kali

Kuatkan Literasi dan Numerasi, Tim Inovasi Jatim Serahkan Buku ke Disdik Sumenep

Media Center, Selasa ( 20/12 ) Tim Inovasi Provinsi Jawa Timur kembali menyerahkan bantuan atau hibah buku-buku Inovasi literasi bagi siswa di Kabupaten Sumenep, sebagai bentuk kerja sama Dinas Pendidikan bersama Inovasi Jawa Timur yang sudah dilaksanakan sejak 2018 lalu, dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran khususnya pada siswa kelas awal.

Penyerahan buku hibah dari Tim Inovasi diserahkan langsung Tim Inovasi Jawa Timur Bidang Operasional, Adit Darmawan, kepada Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Buhari, M.Pd, di ruang Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten setempat, Selasa (20/12/2022).

Adit Darmawan, usai penyerahan buku mengungkapkan, jika bantuan atau hibah berupa buku-buku pelajaran yang diberikan ke sejumlah sekolah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, agar benar-benar dimanfaatkan dengan baik dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran khususnya yang ada di kelas.

“Kami dari Tim Inovasi Jawa Timur berharap buku-buku tersebut nantinya benar-benar dimanfaatkan di sekolah-sekolah, sehingga bisa bermanfaat untuk siswa,” tandasnya.

Diakui, jika buku-buku tersebut sebenarnya sudah ada di Surabaya sejak awal Desember lalu, namun diberikan secara bertahap, yakni pada tahap pertama sebanyak 6 book dan tahap kedua ini 3 book. Dengan jumlah paketnya sekitar 209 set, dan setiap 1 setnya berisi 3-4 buku. 

Sedangkan buku-buku yang diberikan, yakni berupa modul kurikulum darurat, tapi masih relevan untuk digunakan modul dalam rangka mendukung pembelajaran sesuai penerapan kurikulum merdeka saat ini. 

“Semoga selepas Inovasi tidak kerja sama lagi dengan Dinas Pendidikan, karena memang setiap proyek ada masa berakhirnya, namun diharapkan program Inovasi bisa tetap dilaksanakan di Kabupaten Sumenep, yang semuanya demi peningkatan mutu kualitas literasi dan numerasi anak-anak kita,” tambahnya.

Sementara Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Buhari, M.Pd, mengakui, buku-buku tentang literasi dan numerasi yang diberikan Tim Inovasi Povinsi Jawa Timur, sehubungan Kabupaten Sumenep sangat welcome terhadap kerja sama di bidang pendidikan. Sehingga ketika ada penawaran dari Inovasi, tentu tidak akan disia-siakan.

“Sebelumnya kami sudah terima 6 book yang diberikan untuk SDN di Kecamatan Batuan dan Kecamatan Kota, sedangkan yang sekarang 3 book lagi akan diserahkan ke Kecamatan Gayam dan Nonggunong,” jelasnya.

Dikatakan, untuk sasaran pemberian buku ke Kecamatan Gayang dan Nonggunong, karena sebelumnya dua kecamatan di kepulauan tersebut sangat responsif dengan berkontribusi melaksanakan tindak lanjut Workshop Gerakan Literasi Numerasi Baca, Tulis dan Hitung (Gisibalistung) yang sebelumnya dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep.

Sedangkan materi dalam buku-buku dari Inovasi tersebut, diakui Buhari, sangat membantu sekolah meskipun ada perubahan kurikulum, namun materinya dapat diambil sebagai pengayaan.

Jika sekolah menerapkan kurikulum merdeka, buku ini bisa diambil untuk tugas rumah atau kegiatan bersama siswa yang banyak menghasilkan manfaat anak didik serta menambah wawasan penguasaan dari buku-buku tersebut.  

“Kami harapkan dari buku yang digunakan untuk kurikulum darurat itu dapat menjadi sumber terhadap materi-materi yang masih dirasakan cocok guna dikembangkan pada pelaksanaan kurikulum merdeka,” tandasnya.

Sementara itu, kehadiran Tim Inovasi Provinsi Jawa Timur diterima Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Ardhi Ali Sochibi, dan Kasi Kurikulum dan Penilaian SD, Buhari.

Sedangkan dari Tim Inovasi Provinsi Jawa Timur didampingi Cahyadi Widi Wahyono (District Education Quality Improve) Inovasi Jawa Timur yang juga Fasilitator Daerah (Fasda) Inovasi Kabupaten Sumenep. ( Ren, Fer )