Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 12-03-2023
  • 508 Kali

Lomba Kerapan Kambing Upaya Tingkatkan Ekonomi

Media Center, Minggu ( 12/03 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep mengharapkan peternak kambing kerapan dalam mengembangkan hewan ternaknya dengan sungguh-sungguh agar mempunyai kambing yang tangguh dan siap tanding.

“Pecinta kerapan kambing benar-benar merawat kambingnya dengan baik, supaya menjadi juara di setiap perlombaan,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi di sela-sela Kerapan Kambing, di Lapangan Tanjung Kecamatan Saronggi, Minggu (12/03/2023).

Setiap kambing yang menjadi juara di setiap perlombaan sangat menguntungkan pemilik atau peternaknya, karena harga jualnya sangat mahal, sehingga ujung-ujungnya berdampak terhadap peningkatan ekonomi.

”Seekor kambing yang menjuarai lomba mempunyai harga jual tinggi dan tentu saja berimbas pada peningkatan ekonomi warga, terutama peternak kambing,” terang Bupati.

Bupati Achmad Fauzi seusai membuka lomba kerapan kambing menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan beberapa peserta kerapan kambing.       

Bupati menyampaikan terima kasih pada paguyuban kerapan kambing yang komitmen dalam melestarikan budaya kerapan kambing ke generasi muda dan masyarakat, karena melalui lomba yang diadakan ini menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke Kabupaten Sumenep.

“Masyarakat harus memfokuskan pada kekuatan tradisi, nilai seni dan keunikannya, bukan kepada yang lainnya agar tidak meruntuhkan dan mengotori semangat kerapan kambing,” pungkasnya. 

Sementara itu, lomba Kerapan Kambing yang merupakan bagian dari kegiatan kalender 2023 bertajuk Masa Kejayaan Kabupaten Sumenep di Desa Tanjung Kecamatan Saronggi, untuk golongan menang juara 1 (Putri Sinden Mama Yuniar dari Kabupaten Pamekasan), juara 2 (Bintang Pesawat Aba Warsit Bluto) dan juara 3 (Sabil Kades Didik Langsar).

Sedangkan golongan kalah sebagai juara 1 (Jet Mitik H. Sutkno Dungkek), juara 2.  Bintang Let Celet Supriadi Langsar) dan juara 3 (Batman Wahyu Sumenep).  ( Yasik, Fer )