Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 20-03-2023
  • 681 Kali

MUI Sumenep Imbau Masyarakat Menunggu Keputusan Pemerintah Mengenai Awal Puasa 1444 H

Media Center, Senin ( 20/03 ) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengimbau masyarakat khususnya umat Islam agar menunggu keputusan dari pemerintah pusat mengenai awal puasa 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Sekretaris Umum MUI Kabupaten Sumenep, Musthafa mengatakan, dalam penentuan awal Ramadan ini akan memakai metode rukyatul hilal, karena ilmu hisab terjadi banyak perbedaan.

"Mari kita serahkan sepenuhnya kepada pemerintah pusat dalam hal ini Menteri Agama untuk menentukan awal Ramadan 1444 Hijriah. Karena penentuannya dalam sidang isbat melibatkan organisasi masyarakat," tuturnya.

Musthafa juga menuturkan, selama penentuan awal puasa ini, MUI bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, akan melakukan rukyatul hilal yang terpusat di wilayah Kecamatan Pasongsongan.

"Setiap penentuan awal Ramadan, MUI bersama Kemenag Kabupaten Sumenep juga melakukan rukyatul hilal," ujarnya, Senin (20/03/2023).

Untuk pemantauan hilal, kata Musthafa akan dilakukan tepat sebelum sidang isbat dimulai. 

"Sesuai jadwal, sidang isbat dijadwalkan pada Rabu (22/3/2023) petang. Jadi, kami melakukan rukyatul hilal di Kecamatan Pasongsongan pada Rabu sore," ungkapnya. ( Nita, Fer )