Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 12-03-2018
  • 631 Kali

Musrenbang Harus Mengevaluasi Program Pembangunan Sumenep

Media Center, Senin ( 12/03 ) Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengatakan, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Musrembangkab) Sumenep, sebagai forum evaluasi pembangunan mulai dari pelaksanaan hingga kelemahan dan hambatannya.

“Saya minta dalam Musrenbang Kabupaten tahun ini harus dilakukan evaluasi secara menyeluruh, agar bisa menentukan program apa saja yang harus berlanjut dan program perlu perbaikan ditahun selanjutnya, demi pembangunan Sumenep dimasa mendatang,” kata Bupati Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si seusai membuka pembukaan Musrenbangkab Sumenep tahun 2018 dalam rangka penyusunan rencana kerja pembangunan daerah tahun 2019 di Pendopo Agung Keraton Sumenep (12/03).

Ia menyatakan, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di pembahasan Musrenbang Kabupaten dalam mengakomodir setiap usulan dari bawah harus mempertimbangkan urgensitas, efektifitas dan kemampuan anggaran.

“Karena APBD terbatas, tidak semuanya program ususlan dari bawah bisa terealisasi dan biayanya melalui APBD. Karena itu saya harapkan memaksimalkan pembiayaan dari pihak lain, seperti CSR dan lainnya. Yang jelas program prioritas pembangunan Kabupaten Sumenep harus dieksekusi secara tepat dan cepat,” pungkas Ketua DPC PKB Sumenep ini.

Bupati mengungkapkan, akselerasi pembangunan yang tinggi di sektor infrastruktur, pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) maupun program lainnya, jangan sampai mengorbankan pelayanan publik. Pihaknya menginginkan program pelayanan publik juga bisa berjalan dengan program lainnya, sehingga dalam menentukan keberhasilan program pembangunan harus berdasarkan indikator dan data yang jelas.

“Untuk mengejar ketertinggalan inovasi, tidak harus menyaingi dengan inovasi lain, namun lakukan kolaborasi-kolaborasi inovasi sesuai kebutuhan masyarakat Sumenep dalam upaya mencapai target pembangunan,” imbuh Bupati 2 periode ini.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep, Drs. H. Yayak Nurwahyudi, M.Si menambahkan, tahapan pelaksanaan Musrenbang Kabupaten sejatinya mulai dari Musrenbang Desa hingga Kecamatan. Untuk proses perencanaan pembangunan tahun ini menggunakan e-Planing, sehingga program usulan mulai dari Desa dan Kecamatan itu sudah melalui e-Planing.

“Kami menindak lanjuti program usulan Desa dan Kecamatan yang ada di e-Planing itu, untuk proses tahapan perencanaan pembangunan di pembahasan selanjutnya,” kata Yayak Nurwahyudi. ( Yasik, Esha )