Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 14-02-2023
  • 1387 Kali

Musrenbangcam, Camat Ganding Usulkan Tiga Pembangunan Prioritas

Media Center, Selasa ( 14/02 ) Pemerintah Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Tahun Anggaran 2024, di Pendopo Agung setempat.

Hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Ganding, Kepala Desa (Kades), Ketua BPD, ketua BUMDes, perwakilan dari unsur wanita, utusan dari tim pendidikan, perwakilan Balai Penyuluh Pertanian (BPP), pendamping desa dan Tim Musrenbang Kabupaten Sumenep

Camat Ganding Abdul Khalid, S.Sos., memaparkan tentang prioritas pembangunan di masing-masing desa. Selain itu, Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) dari masing-masing OPD dalam menyusun rencana kegiatan disinkronkan dengan hasil Musrenbangcam, oleh karena itu Musrenbangcam sangat penting untuk dilaksanakan. 

Camat Ganding meminta kepada seluruh undangan yang hadir utamanya kepala desa serta aparat desa yang hadir, untuk bersama-sama aktif dalam musyawarah kali ini.

“Kami berharap Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui DPRD agar memprioritaskan beberapa pembangunan di wilayah kami,” kata Abdul Khalid dalam sambutannya, Selasa (14/02/2023). 

Menurutnya banyak infrastruktur di wilayah Kecamatan Ganding yang masih kurang maksimal dan perlu perbaikan, sehingga pihaknya berharap untuk segera meng-cover.

“Ada beberapa permintaan mendesak, misalnya Puskesmas Ganding sudah tidak layak pakai (kurang representatif), karena bangunan dan lahannya terlalu sempit serta tidak ada lahan parkirnya, sehingga menyebabkan kemacetan dan jalan raya di Desa Larangan rusak parah. Bahkan, Balai Desa Gadu Barat butuh renovasi dan pemagaran, karena baru ditempati setelah 15 tahun lebih mangkrak) dan Desa Bataal Timur belum memiliki balai desa," imbuhnya.

Sementara Anggota DPRD Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Kabupaten Sumenep Drs. Akhmad Jazuli, menyampaikan, jika pihaknya merupakan pertama kali menghadiri Musrenbang kecamatan sejak pandemi berlangsung.

“Alhamdulillah ini adalah pertama kalinya saya datang ke Musrenbang Kecamatan, karena sebelumnya tidak pernah diundang padahal saya sudah tiga tahun menjadi anggota dewan. Mungkin karena beberapa tahun terakhir ini Indonesia dilanda pandemi Covid-19," ungkapnya. 

Akhmad Jazuli menegaskan, bahwa dirinya siap kerja sama dengan semua pihak di Kecamatan Ganding, serta siap menampung setiap usulan-usulan masyarakat dan terus mengawal hingga masyarakat merasakan manfaatnya.

Musrenbangcam adalah suatu forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota. ( KIM-SRKND/Ismi,Fer )