Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 07-12-2021
  • 1115 Kali

NU Sumenep Galang Dana Solidaritas Untuk Korban Erupsi Semeru

Media Center, Selasa (07/12) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep bersama Lembaga dan Badan Otonom (Banom), Selasa (07/12/2021) pagi turun jalan. Mereka menggelar aksi empati demi menggalang dana untuk korban erupsi Gunung Semeru beberapa waktu lalu. 

Dari info yang diterima Media Center, nantinya dana yang terkumpul dari aksi tersebut akan diserahkan langsung kepada pihak penerima di Kabupaten Lumajang. Penyerahan akan dilakukan via NU-Care Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sumenep.

Usai melepas pasukan penggalang dana secara simbolik, Ketua PCNU Sumenep KH A. Pandji Taufiq menuturkan, gerakan tersebut merupakan konsolidasi keummatan untuk membantu warga yang ditimpa musibah, akibat erupsi Gunung Semeru beberapa waktu lalu. 

"Konsolidasi keummatan merupakan tradisi yang diajarkan di kita. Ketika ada saudara yang kena musibah, maka kewajiban kita untuk memperhatikan," ujarnya. 

Menurut ia, konsolidasi keummatan tersebut, tidak hanya dilakukan sebatas untuk korban erupsi Gunung Semeru saja. Melainkan juga untuk warga lainnya yang tengah mendapat musibah. 

"Tentunya bukan hanya di Semeru. Harapannya setiap ada musibah yang menimpa saudara kita, kita seharusnya sudah begitu. Dan ini sudah menjadi tradisi di kita sebenarnya," tambahnya. 

Kiai Pandji, sapaan akrabnya, menambahkan, bahwa pihaknya sengaja melibatkan dan menggandeng semua elemen di struktur NU, baik lembaga maupun banom, untuk lebih menguatkan sinergitas.

"Semua terlibat, mulai dari Muslimat, Fatayat, GP Ansor, IPNU-IPPNU, PMII, dan yang lain. Bahkan juga dari unsur MWCNU secara serentak melakukan hal yang sama di berbagai titik, di wilayahnya masing-masing," tandasnya. 

Direncanakan, aksi penggalangan dana untuk korban erupsi Gunung Semeru itu akan dilangsungkan setiap hari hingga Ahad, (12/12/2021) depan. Dengan pasukan yang diterjunkan terdiri dari perwakilan lembaga dan banom. 

Terpisah, K. Quraisyi, Ketua NU Care LAZISNU Sumenep mengatakan, pihaknya telah membagi tim untuk terjun ke delapan titik di wilayah kota. 

"Saat ini sudah kita terjunkan tim ke delapan titik yang tersebar di wilayah strategis kota. Seperti di lampu merah, di pasar, dan lainnya," terangnya. 

Ia pun berharap, dengan aksi empati penggalangan dana untuk korban erupsi Gunung Semeru itu menjadi momentum menjalin kebersamaan, kebangkitan, untuk mewujudkan gerakan kolektif di tubuh NU. 

Selain itu, juga untuk meringankan beban hidup yang diderita para korban di daerah rawan bencana itu. 

"Karena penderitaan warga Lumajang adalah bagian dari kita, maka saatnya untuk berbagi. Membantu meringankan beban mereka," imbuhnya. 

Di saat yang sama, Ketua PCNU Sumenep juga menerima penyerahan dana secara simbolik sebesar Rp. 21.911.400,- dari Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan (KSPP) Syariah Baitul Maal Wa at-Tamwil Nahdlatul Ulama (BMT NU) Sumenep.

(Miko, Han)