Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 17-12-2022
  • 1204 Kali

Peduli Abang Becak, Pemkab Sumenep Bantu Iuran Program BPJS Ketenagakerjaan

Media Center, Sabtu ( 17/12 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep memberikan bantuan kepada ratusan abang becak berupa iuran peserta program BPJS Ketenagakerjaan, sebagai salah satu realisasi “Bismillah Melayani” bagi masyarakat khususnya pekerja rentan.

Bupati Sumenep, Ra Achmad Fauzi mengatakan, pihaknya mengajukan kepada BPJS Kabupaten Sumenep sebanyak 650 orang atau abang becak untuk didaftarkan sebagai peserta program ketenagakerjaan, namun setelah dilakukan verifikasi data yang layak menerima hanya 460 abang becak saja.

“BPJS hanya menyetujui sebanyak 430 abang becak, karena mereka yang tidak bisa terdaftar program ketenagakerjaan akibat terkendala regulasi faktor usianya di atas 65 tahun, sehingga tidak memenuhi persyaratan, persyaratannya berumur 50 tahun,” kata Bupati di sela-sela penyerahan sembako kepada abang becak, di Gedung KORPRI, Sabtu (17/12/2022).

Meskipun ada ratusan abang becak tidak terdaftar sebagai peserta program BPJS Ketenagakerjaan, tidak perlu risau manakala dirinya sakit ingin berobat ke Puskesmas, mengingat mereka bisa memanfaatkan program Universal Health Coverage (UHC) untuk sistem penjaminan kesehatannya.

“Abang becak yang tidak menjadi peserta program BPJS Ketenagakerjaan ini, tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gartis ketika dirinya sakit butuh pengobatan di Puskesmas,” tuturnya.

Yang jelas, dirinya ingin memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat pekerja rentan, dalam rangka membantu kesejahteraan dan membangun ketahanan rumah tangga menghadapi kejadian tidak terduga.

”Program BPJS Ketenagakerjaan itu, membantu abang becak saat mengalami musibah kecelakaan, supaya ada jaminan atau asuransi untuk membantu biaya pengobatannya. Namun, kami berdoa semoga semua pekerja rentan selamat dalam bekerja dan sehat,” terang Bupati.

Program bantuan sembako kepada 650 abang becak, sumber dananya dari tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Petrogas Pantai Madura dan PT. Wira Usaha Sumekar.

“Kami meminta kepada dua perusahaan itu supaya tidak hanya memberikan bantuan kali ini saja, melainkan ada program bantuan berkelanjutan untuk membantu masyarakat Kabupaten Sumenep,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur PT. Petrogas Pantai Madura Tedi Mulyadi mengungkapkan, pihaknya siap mendukung setiap program Bupati, karena target kegiatan yang dilakukan untuk masyarakat Kabupaten Sumenep.

“Kami pasti mendukung program pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di segala sektor pembangunan daerah,” pungkasnya. ( Yasik, Fer )