Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 06-08-2023
  • 605 Kali

Pelatihan Literasi Berbasis Bigbook bagi Guru PAUD se-Kecamatan Guluk-guluk

Media Center, Minggu ( 06/08 ) Ratusan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Guluk-guluk, mengikuti Pelatihan Literasi Berbasis Bigbook bagi Guru PAUD.

Pesertanya merupakan perwakilan guru dan kepala PAUD dari puluhan lembaga dan tiga organisasi, yakni Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesa (IGTKI) dan Ilatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA), di Pendopo Kecamatan Guluk-guluk, Minggu (06/08/2023).

Ketua Pelaksana Pelatihan, Ida Fatmawati, mengungkapkan, pelatihan tersebut diharapkan dapat memberikan motivasi dalam pembuatan media pembelajaran, sehingga akan menjadi guru yang profesional dan memiliki inovasi dalam mendidik anak-anak PAUD agar senang dalam belajar.

"Tentunya dengan adanya pelatihan literasi ini, dapat diniatkan belajar bersama yang muaranya untuk meningkatkan kualitas anak didik," ujarnya.

Dikatakan, hasil dari pelatihan literasi tersebut diharapkan para guru PAUD bisa membuat Bigbook untuk ditampilkan di kelas saat melaksanakan pembelajaran.

Dengan media Bigbook tentunya akan menambah semangat dan rasa senang peserta didik, serta menambah nilai tersendiri bagi mereka yang membutuhkan pancingan media pembelajaran.

"Ke depannya media belajar Bigbook selain bisa diimplementasikan dan dimanfaatkan di masing-masing lembaga, dalam waktu dekat juga akan melaksanakan lomba membuat Bigbook bagi guru PAUD se-Kecamatan Guluk-guluk," tambahnya.

Hal tersebut diakui sebagai tindak lanjut dari lomba membuat Bigbook bagi guru PAUD, yang sebelumnya dilaksanakan di tingkat Kabupaten Sumenep.

Sementara Fasilitator Daerah (Fasda) Inovasi Kabupaten Sumenep, Avan Fathurrohman, selaku narasumber menegaskan, pelatihan literasi berbasis Bigbook bagi guru PAUD tersebut, jangka panjangnya, selain mampu menumbuhkembangkan literasi berbasis bigbook, yang muaranya para guru PAUD dapat meningkatkan kompetensi peserta didik.

"Jadi, muaranya para guru PAUD nantinya dapat meningkatkan kompetensi anak utamanya di bidang literasi," tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut Kak Avan, panggilan akrab guru berprestasi yang juga penulis buku dan kerap mendongeng ditemani bonekanya bernama Kia ini, banyak menjelaskan materi literasi khususnya membuat Bigbook bagi guru PAUD, sebab di samping waktunya yang tidak memungkinkan praktik, namun setidaknya sudah memiliki wawasan dan bekal pengetahuan bagaimana membuat Bigbook.

"Output-nya nanti kita lihat hasilnya ketika para peserta mengikuti lomba membuat Bigbook yang akan digelar dua pekan mendatang," tambahnya. ( Ren, Fer )