Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 24-11-2021
  • 168 Kali

Pelayanan Call Center 112 Sigap dan Percepat Pelayanan Publik

Media Center, Rabu ( 24/11 ) Peningkatan pelayanan kepada masyarakat oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep yang salah satunya dengan menyediakan sistem pelayanan panggilan darurat melalui call center 112, betul-betul dimanfaatkan oleh masyarakat. Sehingga, berbagai kejadian di wilayah setempat cepat ditindaklanjuti oleh petugas terkait.

Seperti halnya yang terjadi Senin (22/11/2021) kemarin, ada masyarakat yang menghubungi call center 112, yang memberitahukan bahwa ada Orang Dengan Gangguan Kejiwaan (ODGJ). Kemudian tim 112 melanjutkan ke pihak terkait yakni Satpol PP dan Dinas Sosial untuk dilakukan eksekusi. Namun, ketika didatangi yang bersangkutan ternyata orang disabilitas yang tidak bisa mendengar.

Sebagaimana laporan yang disampaikan Hendra Hardiyanto, SP, Kasi Trantibum Satpol PP Kabupaten Sumenep dan anggota Regu Pos Pantau, Faisal Amir, bahwa pada hari Senin (22/11/2021) pukul 14.08 WIB pihaknya meluncur ke lokasi di Jalan KH. Sajad dan tiba di lokasi sekitar pukul 14.12 WIB, setibanya di lokasi yang bersangkutan sedang makan.

“Setelah kami menyapa dan menanyakan dari mana dan tujuannya berada di Sumenep untuk apa? Ternyata yang bersangkutan kurang banyak merespon dan memiliki keterbatasan dalam pendengarannya (tunarungu),” ujarnya, Rabu (24/11/2021).

Selanjutnya komunikasi dilakukan secara verbal dan isyarat, tidak sampai ada tindakan fisik yang dilakukan. Kemudian petugas mengawal ke Rumah Perlindungan Sosial (RPS) Dinas Sosial Kabupaten Sumenep supaya mendapatkan tempat tinggal sementara.

Dari data yang berhasil dihimpun yang bersangkutan bernama Dawami dari Desa Perang Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah, pekerjaan buruh harian lepas. Dari keterangan yang terbata-bata kedatangannya ke Sumenep ingin mencari kerja. 

Diperoleh keterangan melalui Plt Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Kabupaten Sumenep, Hairil Iskandar, membenarkan kejadian tersebut dan saat ini yang bersangkutan masih di RPS. Rencananya hari ini memang akan dilepas dengan diberi bekal agar yang bersangkutan bisa pulang karena mengendarai sepeda motor dan tidak ada tempat tinggal di sini.

“Rencananya hari ini yang bersangkutan akan dilepas, namun karena tadi cuaca masih hujan yang bersangkutan menunggu baju yang masih dijemur karena basah,” tandasnya.

Sementara itu, pelayanan penggunaan teknologi melalui call center 112 diakui mempercepat pelayanan publik, seperti halnya tujuan disediakannya call center 112 bahwa pelayanan Bismillah Melayani semakin cepat terutama dengan penggunaan teknologi saat ini. ( Ren, Fer )