Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 02-10-2024
  • 68 Kali

Pemkab Segera Buka Lintasan Baru Pulau Sapudi dan Raas

Media Center, Rabu ( 02/10 ) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, segera membuka lintasan baru ke Pulau Sapudi dan Raas, yang akan dilayani kapal cepat.

Sesuai rencana, kapal cepat akan melayani rute Kalianget-Sepudi-Raas dan Jangkar Situbondo. Pembukaan trayek pertama ini merupakan hasil lobi Pemerintah Kabupaten Sumenep pada operator angkutan kapal cepat.

"Ini adalah gagasan Bapak Bupati untuk memberikan layanan transportasi laut yang lebih cepat. Ya solusinya harus ada trayek reguler kapal cepat ke sana, jadi jurusan Kalianget-Sapudi-Raas dan ke Jangkar Situbondo," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Kabupaten Sumenep Yayak Nurwahyudi.

Yayak menuturkan, trayek yang akan dibuka ini merupakan trayek bersejarah, karena di jalur reguler kapal cepat.

"Selama ini belum ada trayek reguler kapal cepat di lintasan ini. Alhamdulillah di 2024 ini akhirnya bisa terwujud. Izin trayeknya mulai dari Pemprov, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan Kementerian Perhubungan sudah selesai," terangnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi yang saat ini sedang cuti Pilkada mengaku gembira atas dibukanya trayek baru kapal cepat ke kepulauan Sumenep.

"Alhamdulillah, semoga bisa bermanfaat dan memperlancar transportasi ke wilayah Raas, Sapudi dan ke Jangkar Situbondo," ungkap Achmad Fauzi.

Terpisah, Kepala Cabang Express Bahari Kalianget Muhammad Nurullah mengatakan, saat ini pihaknya telah menyiapkan armada kapal cepat yang akan beroperasi di lintas kepulauan Sumenep tersebut.

"Sudah berangkat crew yang menjemput kapal. Spesifikasi kapalnya 364 seat dan sedang dalam proses pasang mesin baru. Insya Allah dalam waktu dekat ini kapalnya sudah bisa beroperasi di Kabupaten Sumenep," kata Muhammad Nurullah, Rabu (02/10/2024). ( Nita, Fer )