Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 18-01-2017
  • 605 Kali

Peran Dan Fungsi RPJMD Sangat Strategis Dalam Pemerintahan

Media Center, Kamis ( 19/01 ) Peran dan fungsi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sangat strategis bagi penyelenggaraan pemerintahan sekaligus menjadi acuan bagi seluruh stakeholder termasuk swasta dan masyarakat, maka dalam perjalanannya RPJMD perlu dilakukan evaluasi agar dapat tetap berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku serta tanggap terhadap perubahan lingkungan strategis yang senantiasa berubah.

Hal tersebut disampaikan LSM Topan RI, Imam Budiyono saat ditemui Media Center  di ruang kerjanya, Kamis (19/01/2017).

Menurutnya, evaluasi RPJMD tidak hanya dipandang sebagai langkah upaya penurunan target kinerja, namun dipandang perlu dilakukan, karena terjadinya perubahan-perubahan baik dari tingkat regional, nasional maupun global sehingga mengakibatkan beberapa indikator kinerja perlu dilakukan penyesuaian.

Meski demikian, yang perlu dilakukan bagaimana setiap SKPD menyikapi dalam menentukan prioritasnya.

Selanjutnya relevansi prioritas di dalam SKPD harus paralel dengan prioritas di dalam RPJMD, jadi jangan sampai berjalan sendiri-sendiri. Selain itu program lintas SKPD jika dilaksanakan secara sinergis dan bersama-sama akan memiliki daya saing yang kuat terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. ( JuP-01, Fer )