Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 12-04-2023
  • 489 Kali

Perpusda Bersama Mahasiswa Laksanakan Camping Baca di SDN Prancak 2

Media Center Rabu ( 12/04 ) Perpustakaan Keliling bersama Tim Mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 5, melaksanakan Camping Baca, di SDN Prancak 2 Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep, Rabu (12/04/2023).

Pustakawan Ahli Muda Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sumenep Syaiful Bahri, mengungkapkan, melalui Camping Baca tersebut diharapkan siswa bisa meminjam dan membaca buku-buku baru yang disediakan perpustakaan keliling sesuai dengan minat mereka masing-masing.

Diakui, kegiatan tersebut diawali dengan melaksanakan yelyel SDN Prancak 2 yang dipandu mahasiswa Kampus Mengajar. Selanjutnya siswa bersama para guru juga turut memilih buku-buku yang diinginkan. Mulai dari buku cerita bergambar, novel, buku fiksi maupun non fiksi sesuai dengan minat mereka masing-masing. 

Selain membaca, pihak perpustakaan keliling juga membagikan berbagai macam permainan tradisional untuk siswa, salah satunya yakni egrang yang rupanya sangat diminati siswa.

"Bahkan, guna menyemarakkan acara di akhir kegiatan dilaksanakan senam narkoba bersama dengan para siswa, guru, mahasiswa dan dari Perpusda sendiri.

Selanjutnya, juga dilakukan sesi pembekalan guna meningkatkan minat membaca khususnya bagi siswa SDN Prancak 2 ini. Termasuk untuk mengenalkan permainan tradisional tersebut agar tidak sampai punah dengan maraknya permainan seperti game online dan semacamnya.

Sedangkan rencana kegiatan selanjutnya melaksanakan outbound, Perpus digital dan praktik numerasi yang direncanakan pada Mei, kemudian Juni akan melaksanakan class meet, penghijauan kelas, bazar hingga perpisahan.

Sementara Kepala SDN Prancak 2, Taslim, S.Pd.SD, mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut, karena di samping memberikan edukasi literasi bagi siswanya juga ada permainan tradisional serta memberikan wawasan tentang bahaya narkoba pada siswa sejak dini.

"Bahkan, ke depan kami memiliki rencana untuk melakunkan MoU dengan Perpusda untuk bisa datang lagi ke sekolah kami agar siswa bisa menikmati membaca buku-buku baru lagi," tandasnya. ( Ren, Fer )