Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 22-12-2022
  • 686 Kali

Polres Sumenep Siap Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2023

Media Center, Kamis ( 22/12 ) Kepolisian Resort (Polres) Sumenep, Madura, Jawa Timur, siap mengamankan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), yang ditandai gelar apel pasukan dengan sandi Operasi Lilin Semeru, di Halaman Mapolres setempat, Kamis (22/12/2022).

Dalam pengamanan Nataru ini, Polres Sumenep menyiagakan sebanyak 650 personil gabungan dari TNI dan instansi terkait.

Ratusan personil gabungan itu terdiri dari Polres Sumenep, Kodim 0827, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Bidang Perhubungan Disperkimhub, BPBD dan Linmas.

"Ke-650 personil yang diterjunkan untuk mengamankan Nataru ini disebar ke berbagai tempat mulai dari gereja, terminal, pelabuhan dan tempat-tempat wisata,” kata Kapolres Sumenep, AKBP Edo Satya Kentriko, kepada awak media usai memimpin apel, Kamis (22/12/2022).

Kapolres juga menuturkan, bahwa pihaknya sudah melakukan pengecekan terhadap personil gabungan tersebut. "Jadi, kami sudah siap untuk mengamankan perayaan Natal 2022 dan malam pergantian Tahun Baru 2023," tegasnya.

Operasi Lilin Semeru, kata Kapolres, digelar secara serentak dan akan berlangsung sejak hari ini, 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Adapun fokus pengamanan, dibagi menjadi empat sasaran, mulai dari orang dan juga barang bawaan.

“Kita pastikan aman dari orang yang melakukan kegiatan, misalnya jemaat yang akan beribadah di gereja. Kedua barang bawaannya kami periksa demi memastikan aman,” ujarnya.

Selanjutnya sasaran pengamanan petugas yakni lokasi dan jenis kegiatan. Salah satu tujuannya untuk memastikan jika tidak terjadi penularan Covid-19.

“Ketiga dan keempat fokus pengamanan kita pada lokasi dan jenis kegiatan. Kami ingin memastikan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Ini penting agar kasus Covid-19 tidak kembali melonjak pasca Nataru nanti,” ungkapnya.

Kapolres Edo berharap, masyarakat Kabupaten Sumenep tertib dalam berkegiatan saat Natal dan tahun baru.

"Protokol kesehatan (Proses) kami minta untuk tetap dipatuhi selama momentum Natal dan tahun baru ini," tukasnya. ( Nita, Fer )