Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 07-10-2022
  • 1466 Kali

Ponpes Suryalaya Kebunan Programkan Santri 1 Tahun Hafal 30 Juz dan Tilawahnya

Media Center, Jum'at ( 07/10 ) Pondok Pesantren (Ponpes) Suryalaya Kebunan Kabupaten Sumenep, bertekad untuk mewujudkan visi membentuk generasi Qur’ani yang unggul dengan misi menyiapkan qori, qoriah, hafidz dan hafidzah yang kompetitif, berakhlaqul karimah, unggul berdaya saing baik skala lokal, regional, nasional dan internasional.

Hal tersebut ditegaskan Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Suryalaya Kebunan Kabupaten Sumenep, Prof. Dr. KH. M. Asy'ari, M.Ag, saat menyemangati santrinya di Ponpes setempat, Jum'at (07/10/2022).

Menurutnya, salah satu bentuk ikhtiar yang dilakukan dengan memberikan semangat para santri, agar dalam 1 tahun dapat menghafal 30 juz Al-Qur’an dan tilawahnya.

"Salah satu metode tahfidz yang dilaksanakan, yakni para santri dapat menghafalkan sedikit demi sedikit ayat-ayat Al-Qur'an yang telah dibaca berulang-ulang," ujarnya.

Dikatakan, Prof. Asy'ari, yang juga Guru Besar (GB) IAIN Madura ini, berbagai metode dilakukan dalam rangka memudahkan para santri dalam menghafal Al-Qur’an. Termasuk dengan menggunakan fasilitas Al-Qur'an yang digunakan oleh santri tetap dan mudah dalam mengingatnya. Dan tidak berganti-ganti Al-Qur’an, karena akan membingungkan santri ketika mencari halaman terakhir yang sudah dibaca.

Diakui pula jika Ponpes Suryalaya di samping menyiapkan para ustadz atau pengajar yang berkaliber nasional, internasional dan berkompeten, juga mulai tahun ini, menampung santri putra-putri dengan target 100 orang yang memiliki latar belakang kurang mampu secara ekonomi, mulai tingkat MI/SD, MTs/SMP dan MA/SMA untuk mendapatkan beasiswa selama nyantri yang dibuka sejak 11 Sepetember hingga 11 Oktober 2022 mendatang. 

“Demi mewujudkan itu kami melaksanakan program wajib bagi santri untuk salat berjamaah, mendapat bimbingan fashohah dan tilawah, Salat Duha dan Tahajjud berjamaah, stor hafalan, muroqobah, kajian kitab kuning hingga tercapai 1 tahun hafal 30 juz,” terangnya. ( Ren, Fer )