Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 10-08-2023
  • 391 Kali

Rangkaian Rokat Desa Sendang Gelar Istiqotsah dan Pengajian Akbar

Media Center Kamis ( 10/08 ) Pemerintah Desa (Pemdes) Sendang Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep menggelar Istighotsah dan Pengajian Akbar yang merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Rokat Desa 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut, KH. Abdul Malik Hasan (Bicorong Pakong Pamekasan) sebagai penceramah, Camat Pragaan Heru Cahyono, Danramil Pragaan Abdul Salam, Wakapolsek Prenduan, Pemerintah Kecamatan Pragaan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat setempat.

Ketua Panitia Rokat Desa, Anwari dalam kesempatan itu menyampaikan, anggaran rokat desa tahun ini dianggarkan dari Dana Desa (DD) dan juga sumbangan dari masyarakat dan pengusaha desa setempat.

"Syukurlah masyarakat Desa Sendang ini kompak, sehingga rokat sesa ini terlaksana dengan baik dan lancar," tandasnya, Kamis (10/08/2023).

Dikatakan, Pemerintah Desa Sendang menganggarkan rokat desa sebesar Rp36 juta, sedangkan anggaran desa dan sumbangan dari masyarakat juga pengusaha desa terkumpul sebanyak Rp38 juta, jadi masih ada sisa kas untuk pelaksanaan rokat desa tahun ini sebesar Rp2 juta.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa Sendang, Masrawi mengungkapkan, pelaksanaan rokat Desa Sendang tidak lain adalah wujud syukur pemerintah desa dan masyarakat atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Desa Sendang.

“Rokat desa ini adalah bentuk syukur kita bersama agar desa aman, tenteram, sejahtera, makmur dan masyarakatnya rukun. Oleh karena itu, penting sekali istighotsah ini kita gelar,” terangnya.

Selain itu, menurut mantan Penjabat (Pj) Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Pragaan tersebut, istighotsah dan pengajian akbar yang digelar saat ini, untuk menambah pengetahuan keilmuan serta keimanan masyarakat setempat.

“Momentum rokat desa ini menjadi pengingat dan peningkat keimanan kita, sehingga cita-cita luhur desa makmur dan rukun tetap kita rasakan,” pungkasnya.

Selain istighotsah dan pengajian akbar, rokat desa tahun ini juga akan digelar Khotmil Qur’an, Pembacaan Yasin dan tahlil serta pelepasan bitek ke laut yang akan dilaksanakan pada Jumat - Sabtu. ( Ren, Fer )