Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 29-07-2021
  • 1237 Kali

Ringankan Beban Masyarakat, Pemkab Sumenep Salurkan Beras PPKM 2021

Media Center, Kamis ( 29/07 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mulai menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) berupa beras bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebagai upaya meringankan beban hidup masyarakat di tengah kebijakan PPKM. 

"Bansos beras totalnya sebanyak 1.020 ton untuk KPM baik daratan dan kepulauan, sehingga penyalurannya dipercepat supaya masyarakat penerima bantuan bisa memanfaatkan untuk kebutuhannya," kata Wakil Bupati Sumenep, Nyai Hj. Dewi Khalifah, SH, MH, M.Pd.I di sela-sela pelepasan pendistribusian Bansos beras, di halaman Kantor Bupati, Kamis (29/07/2021).

Pihaknya untuk penyaluran Bansos ini memang mendahulukan ke Kecamatan di wilayah kepulauan dalam rangka mengantisipasi cuaca buruk, karena pengiriman menggunakan transportasi jalur laut. 

“Bansos beras sengaja memprioritaskan kepulauan untuk mengantisipasi cuaca buruk seperti ombak tinggi, menyebabkan kapal tidak beroperasi, yang mengakibatkan pendistribusian kepada KPM terlambat,” tuturnya.

Wakil Bupati menyatakan, Bansos beras yang disalurkan di tengah kebijakan PPKM sebanyak 1.020 ton dengan jumlah sasaran penerima Bansos itu sebanyak 102.013 KPM baik di Kecamatan wilayah daratan maupun kepulauan.

“Kami mengharapkan penyaluran bantuan sosial berupa beras setiap KPM sebanyak 10 kilogram ini, tepat sasaran sekaligus bisa mengurangi beban hidup masyarakat terdampak COVID-19,” imbuhnya. 

Di tempat yang sama salah seorang KPM, Sunarti menyampaikan terima kasih dan bersyukur atas kepedulian pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak PPKM, bahkan dirinya berharap wabah COVID-19 segera berakhir supaya kesehatan masyarakat pulih dan ekonomi di Kabupaten Sumenep bangkit dan normal kembali.

"Saya bersyukur mendapat bantuan beras ini, karena akibat wabah COVID-19 perputaran ekonomi terasa sulit sekali. Jadi Bansos ini sangat membantu kebutuhan sehari-hari mengingat keuangan untuk membeli beras bisa dibelanjakan kebutuhan lain," pungkasnya.

Sementara Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam mendistribusikan Bansos beras untuk mencegah kerumunan dalam upaya mencegah penularan COVID-19, menerapkan sistem antar ke setiap KPM di desa. ( Yasik, Fer )