Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 24-09-2021
  • 230 Kali

Saring Sebelum Sharing, Kominfo Gelar Webinar Lawan Hoaks

Media Center, Jumat ( 24/09 ) Dalam upaya mengedukasi masyarakat untuk tidak termakan hoaks Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia (RI) menggelar Webinar bersama rekan-rekan media Provinsi Jawa Timur via Zoom.

Berita bohong atau hoaks kerap kali muncul di pemberitaan di tengah masyarakat yang membuat banyak orang percaya tanpa mengecek terlebih dahulu kebenarannya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Drs. Benny Sampirwanto, M.Si sebagai salah satu narasumber pada webinar tersebut mengatakan bahwa ada beberapa cara agar terhindar dari hoaks.

"Cara terhindar dari hoaks di antaranya yakni perbanyak literasi dari berbagai macam sumber yang memiliki kredibilitas tinggi, jangan mudah terpengaruh oleh judul yang cenderung memprovokasi, cek kredibilitas sumber dan cek keaslian foto dan videonya," jelasnya.

Kemudian, ia juga menyampaikan untuk stop penyebaran hoaks dengan cara saring sebelum sharing.

"Apabila ingin cek dan menemukan berita hoaks silahkan cari situs Turnback.id, cekfakta.com dan aduankonten.id," tandasnya, Jumat (24/09/2021).

Sementara Alice Budisatrijo, Kepala Kebijakan Misinformasi, Asia Pasifik, Facebook, narasumber kedua dalam webinar itu juga menyampaikan agar masyarakat memulai penggunaan digital dengan cara yang baik.

"Warga digital lebih baik dimulai dari diri kita, gunakan cara mencerna informasi dan akses dengan baik serta bertanggungjawab membangun masa depan digital yang lebih baik lagi," pungkasnya. ( HendraMagangIAINMadura/Fer )